Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About City Car Generasi Pertama, KIA Visto

billy - Rabu, 18 April 2012 | 08:07 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Di pasaran, sosok Kia Visto bisa dibilang cukup baik. Mengusung basis mesin yang serupa dengan Hyundai Atoz, membuat mobil lucu nan imut ini terkenal tangguh dan minim perawatan. Namun, namanya juga mobil yang sudah cukup berusia pasti ada beberapa sektor yang mesti diperhatikan.

“Kalau untuk sektor mesin, hampir tak ada masalah yang ditemui. Mesinnya tergolong bandel dan minim perawatan,” ungkap Ate, salah satu mekanik Kia Raperind Motor yang berlokasi di bilangan Jatiasih, Bekasi.

Dibekali mesin berkapasitas murni 989 cc membuat mobil ini tak mudah ‘haus’ bensin. Konsumsinya bisa mencapai 16 km untuk 1 liternya dengan pemakaian normal. Soal performa, Visto cukup mumpuni untuk trek dalam kota yang langganan macet.

Namun, hal utama yang harus diperhatikan datang dari sektor kaki-kaki. “Kalau untuk kaki-kaki kebanyakan yang kena di sektor link stabilizer, ini dipengaruhi juga oleh kondisi jalan yang dilewati,” ungkap pria ramah ini. Untuk harganya komponennya ini sekitar Rp 175-200 ribuan.

Kemudian beralih ke sektor transmisi. Visto sistem transmisinya masih konvensional atau belum menggunakan sistem hidrolis seperti pada mobil saat ini. Artinya, mobil ini masih menggunakan kabel kopling dalam pengoperasian transmisinya. “Untuk perawatan kabel kopling ini cukup diberi pelumas saja tiap 20.000-30.000 km, agar kerjanya tetap lancar,” saran Ate.

Jika sudah minta diganti, siapkan dana Rp 275 ribu. Untuk sektor lampu, Visto sedikit berbeda dengan saudaranya Hyundai Atoz. Head lamp Visto lebih bagus dan mikanya tak mudah buram jika terus menerus dijemur dan disiram air hujan.

Sedangkan pada bagian pendinginan mesin, water inlet mobil ini juga harus diperhatikan. “Jika kondisinya sudah tak prima, jadi rawan overheat,” tambahnya.

Water inlet standar mobil ini dibuat dari pipa besi biasa, jika ingin mengatasi masalah ini cukup ganti dengan water inlet Visto keluaran terbaru yang berbahan baku lebih baik. Cukup siapkan saja dana sekitar Rp 300 ribu untuk menebusnya.

Nah, kalau tadi sudah dibahas sektor pendinginan mesin, kini coba kita liat sistem pendingin ruangannya. AC Visto tergolong minim masalah, asalkan selalu melakukan perawatan rutin.

Komponen yang harus dalam kondisi prima yaitu filter AC, karena benda ini bertugas menyaring korotan yang menyusup. Harga filter AC city car ini bisa dibilang cukup mahal, dibanderol sekitar Rp 300 ribuan.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa