Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seputar Fan Belt, Jangan Abaikan Fungsinya

billy - Senin, 2 April 2012 | 16:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Fan belt atau tali kipas memegang peranan penting dalam putaran mesin. Sayangnya banyak pemilik mobil yang lupa atau malah mengabaikan fan belt ini.

“Yang sering terjadi mendadak putus sehingga menyebabkan kerusakan,” ujar Endang Mulus, Training Head Tunas Toyota.  Nah, ada beberapa poin yang harus diperhatikan mengenai fan belt ini. “Pertama perhatikan ketegangan atau defleksi dan keretakan pada setiap belt, belt AC, alternator, juga power steering,” jelas Endang.

Lanjutnya, kalau sudah menun­jukkan ada keretakan, segera ganti dengan yang baru. Masih menurutnya, pada saat melakukan penggantian belt, pastikan tidak terlalu kencang. “Kalau terlalu kencang bisa mengakibatkan bearing atau bantalan tempat belt berputar jadi cepat rusak,” bilangnya lagi. 

Lalu yang ketiga adalah kebalikan poin ke-3. “Pemasangannya jangan terlalu kendur, karena pada saat belt berputar akan menimbulkan bunyi mendecit atau melengking,” tambahnya. Jadi, pemasangannya harus pas, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur juga.  Nah, jangan lupa diperiksa ya! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa