Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Sekring Aki, Saat Mobil Matot Kayak Hape

billy - Kamis, 22 Maret 2012 | 13:01 WIB
Cek Sekring Aki, Saat Mobil Matot Kayak Hape
Cek Sekring Aki, Saat Mobil Matot Kayak Hape

Ilustrasi. Box sekring masuk ke kabin biar aman
Ilustrasi. Box sekring masuk ke kabin biar aman

 Aki punya sekring tersendiri di terminal positif
Buat yang pegang telepon selular alias ponsel atau hape, biasanya sudah kenal dengan istilah ‘matot'. Yap, sebutan ini kerap muncul kalau ponsel tersebut padam dan ogah hidup lagi. Makanya disebut mati total (matot). Ternyata di mobil juga bisa, lo!

Hal ini dialami sendiri awak redaksi pada Suzuki APV Arena 2008. Kelar mengganti v-belt yang sudah mencicit ketika kehujanan, mobil malah tidak bergeming. Kunci kontak diputar, tidak ada reaksi apa-apa pada panel instrumen. Tambah lagi, coba tekan klakson atau tarik tuas lampu high beam, juga tidak ada reaksi kelistrikan sama sekali.

Keruan saja, langsung periksa semua sekring. Buka sekring di bawah setir. Periksa juga sekring-sekring utama di balik kap mesin. Aneh, semua tampak baik-baik saja. Padahal tidak ada reaksi kelistrikan sama sekali.

Ilustrasi. Box sekring masuk ke kabin biar aman
Ilustrasi. Box sekring masuk ke kabin biar aman

 Bisa putus karena korsleting di alternator, Perlu dicek lebih dulu pada saat 'matot'
Test pen pun diarahkan ke aki, ternyata penyimpan arus masih cukup sakti. Nah, begitu beralih ke kepala aki, baru tampak ada satu sekring besar di terminal positifnya. Kebetulan, APV sudah mengaplikasi pengaman seperti ini di kepala akinya.

Nah, bagi Anda yang mengalami hal serupa, bisa periksa sekring ini. "Sekring 40 ampere ini sebagai pelindung kabel yang menuju alternator. Harganya sekitar Rp 35 ribu," bilang Bambang Sugiarto, bos Dixzell Motor di Cengkareng, Jakbar.

Ada dua kabel yang terhubung dengan kutub positif. Salah satunya kabel lebih kecil yang menuju alternator. Kabel inilah yang dilengkapi sekring. Kemungkinannya, terjadi short circuit atau korsleting ketika mengendurkan alternator akibat kunci terkena kabel positif alternator.

Tinggal ganti saja sekringnya. Mobil pun hidup lagi. Matot pun teratasi, gampang kan? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa