Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea

Otomotifnet - Senin, 23 Januari 2012 | 13:03 WIB
Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea
Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea

Otomotifnet - Problem AC mengeluarkan bunyi seperti suara orang ngorok, rupanya sudah banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil asal Korea Selatan.
 
"Masalah ini banyak terjadi pada varian Hyundai seperti Avega (model lama), Atoz, Accent dan Elantra. Bunyi AC ngorok ini muncul saat umur pemakaian kendaraan masuk tahun ke-2," ungkap T. Marsha, ketua komunitas Korea Otomotif Indonesia (KOI).

Pembesut Hyundai Accent A/T tahun 2000 ini menuturkan kalau untuk melakukan perbaikan pada AC mobil Korea, lebih sulit ketimbang memperbaiki sistem pendingin kabin mobil Jepang.

Terlebih masalah ini diyakini oleh Don (panggilan beken T. Marsha), dipicu dari kompresor yang sudah apkir lantaran pemakaian.

Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea
Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea
Pasalnya, "Untuk memperbaiki jeroan kompresor standar mobil Korea tergolong sulit, karena spareparts-nya sangat jarang di pasaran," tukas Aphin dari Victory Jaya AC, Jl. Meruya Ilir Raya No.16, Jakbar.

Suara ngorok dari kompresor tadi disebabkan dari piston yang sudah oblak. Pemicu awal, lanjut Aphin, akibat kotoran di dalam kondensor menyumbat di salah satu lubang pipa kondensornya. "Efeknya membuat kerja piston lebih berat, dan kelamaan pistonnya bisa oblak yang akan menimbulkan bunyi seperti suara orang ngorok tadi," tandas pria ramah ini.

Solusinya, menurut Aphin, dengan mensubstitusi kompresor standar dengan komponen yang dipakai pada kebanyakan mobil Jepang. "Pakai produk Denso yang sudah saya rekondisi sebelumnya, dengan ukuran bodi 15A atau 17A sesuai standarnya (Gbr.1)," jelas pria yang sudah banyak memodifikasi AC pada mobil Korea ini.

Kemudian, mengganti pula kondensor dengan model sirip lebar (Gbr.2). Sebab kondensor bawaan mobil Korea umumnya hanya dibekali model sirip kecil (Gbr.3), yang memungkinkan penyumbatan mudah terjadi pada slang di bagian dalam kondensor.

Sedangkan slang pengubung juga mesti diganti. "Untuk menyesuaikan dengan kompresor dan kondensor yang baru," tambah Aphin.

Hasilnya, "Pendinginan kabin lebih mantap tapi perlu jeda beberapa detik lebih lama, untuk mendapatkan hawa dingin yang optimal (Gbr.4)," ungkap Don.   (mobil.otomotifnet.com)

Victory Jaya Ac: 021-5864361

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa