Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Plafon Nissan March, Tambah Peredam Noise Berkurang

billy - Sabtu, 14 Januari 2012 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Musim hujan seperti sekarang ini mulai dikeluhkan beberapa pemilik Nissan March. Bukan lantaran kabinnya bocor, tapi karena kegaduhan yang ditimbulkan akibat atap mobil terguyur air hujan (Gbr.1). "Suaranya kayak kaleng, terasa mengganggu sekali kalau hujannya deras," ungkap Steven Asikin, pembesut March A/T 2011.

 Menurut member dari komunitas March Indonesia (March-i) ini, efek bising yang ditimbulkan plafon yang terguyur air hujan sangat deras, mengharuskannya untuk menambah volume suara buat mendengarkan musik dari CD audio. "Tapi tetap enggak enak didengarnya, karena suara air dari atas plafon cukup keras," yakin Steven.

Alhasil bagian plafon yang dituding sebagai biang masalah mesti dilapis atau ditambah peredam (Gbr.2), seperti yang kerap dilakukan instalatur car audio untuk mengoptimalkan keheningan agar tingkat akustik kabin lebih baik.

Sayangnya desain plafon milik March agak berbeda dengan mobil Jepang lainnya. Menurut Hong dari Prisma Autosound, modelnya ditempel pakai semacam sealant yang membuat plafon sulit dicopot (Gbr.3).


"Selain itu, celah yang tersisa antara plafon dengan pelat atap mobil sangat terbatas buat ditambah peredam lembaran (Gbr.4)," tambah instalatur bermarkas di Arteri Pondok Indah, Jaksel ini.

 Namun menurut Fiqhi, masih memungkinkan untuk memasang peredam pada plafon March. "Tapi harus tahu posisi lem atau sealant-nya. Posisinya ada di bagian depan dan belakang plafon sebelah dalam (Gbr.5). Dan untuk mencopot plafon mesti hati-hati supaya cover plafon tidak rusak," saran foreman bengkel resmi Nissan Puri Indah, Jakbar.

Saat pemasangan lapisan peredam di plafon, lanjut Fiqhi, sisakan space pada spot bekas sealant-nya. Supaya dapat diberi perekat yang baru menggunakan sealer kaca, untuk menempel cover plafon pada posisi semula.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa