Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.5), Pilihan Ban

billy - Kamis, 13 Oktober 2011 | 12:04 WIB
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.5), Pilihan Ban
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.5), Pilihan Ban

Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.5), Pilihan Ban
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.5), Pilihan Ban
Jakarta - Bagi pemilik Toyota Avanza keluaran awal yang umurnya lebih dari 5 tahun, pasti komponenya sudah banyak yang mengalami keausan. Efeknya tentu pada kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Perawatan dan pergantian adalah solusinya. Enggak hanya komponen mesin dan kaki-kaki, bagian bodi dan interior juga perlu mengalami penyegaran. Nah, apa-apa saja yang perlu dibenahi?

Pilihan Ban Avanza Xenia, Maksimum 18 Inci

Sektor kaki-kaki bawaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, hanya dibedakan dari diameter pelek standar yang digunakan. Avanza E dan G maupun Xenia Xi M/T dan A/T, dibekali lingkar roda 14 inci dengan ukuran ban 185/70 R 14.

Sementara Avanza S dibekali pelek yang lebih lebar, yaitu 15 inci dengan ukuran ban standar 185/65 R15. Dimensi roda paling kecil, saat ini hanya dimiliki Xenia Mi dan Li, dengan ring pelek 13 inci berikut ban ukuran 165/80 R 13.

Namun pada praktiknya, kecenderungan pemilik Avanza-Xenia saat mengganti ban standar besutannya, lebih banyak memilih ukuran diameter 14 dan 15 inci. "Xenia saya memang standarnya pakai ring 13 inci, dan terlihat kecil kalau buat gaya. Makanya saya ganti pakai pelek dan ban ukuran 15 inci," ujar Daniel, pemilik Xenia Li 2010.

Semisal untuk Avanza E, G, Xenia Xi M/T dan A/T, dengan ukuran ban 185/70 R14. Bisa lakukan upgrade ke ukuran 195/65 R14, 195/70 R14 atau 195/60 R14. "Buat harian kebanyakan pakai ukuran 195/65 R14, karena tingginya tetap sama tapi tapaknya jadi lebih lebar dari standarnya," jelas Sony dari Loka Karya Ban di Palmerah, Jakbar.

Buat keperluan modifikasi tampilan, "Maksimum sampai 18 inci masih bisa digunakan buat harian, di atas itu tidak kami sarankan," ujar Surya Darma, marketing manager PT Elang Perdana Tire selaku pabrikan ban Accelera dan Forceum. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa