Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jika Wiper Mentok, Potensi Bengkok!

billy - Selasa, 5 Juli 2011 | 07:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Desain batang wiper Nissan Juke memang dibikin lebih terlindung. Lantaran posisinya sebagian tertutup panel kap mesin (Gbr.1), menyulitkan jika hendak mengganti karet wiper atau untuk membersihkan permukaan kaca depan sebelah bawah saat mobil dicuci.

Menurut analisa Diding Suryadi, kepala mekanik Griya Motor di Lebak Bulus, Jaksel, jika si pemilik enggak berhati-hati saat menegakkan batang wiper dikhawatirkan akan kepentok dan bikin bengkok. "Kalau enggak lihat batangnya tertutup kap mesin dan asal tarik saja, batang wiper bisa bengkok dan berpengaruh saat menghapus air karena posisinya sudah tidak begitu nempel ke kaca," urai pria ramah ini.

No caption
No credit
No caption

Pasalnya jika kedua batang wiper sedikit saja diangkat, akan mentok di pangkal kap mesin. Untuk itu perlu membuka penutup kompartemen mesinnya terlebih dulu. Setelah kap mesin terbuka penuh, batang wiper sebelah kiri baru bisa ditegakkan (Gbr.2) dengan mudah.

Namun sayangnya, batang pembersih kaca sebelah kanan tetap tidak bisa ditegakkan dengan sempurna. Lantaran ujung frame karet wiper-nya masih mentok di sudut kap mesin (Gbr.3). Jangan pernah memaksa menegakkannya, karena pelat dudukan karet wiper bisa menggores cat di balik kap mesin.

No caption
No credit
No caption

Kalau sudah begini, trik paling simpel ketika sedang mencuci mobil, cukup menyelipkan busa (sponge) tebal di bawah batang wiper supaya tidak menggores permukaan kaca.

Jika hendak mengganti karet wiper sebelah kanan, terpaksa harus mengangkat dan menahan batangnya dari depan mobil, dengan kondisi kap mesin terbuka penuh.


Untuk pilihan karet wiper terutama versi aftermarket, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran standar. Tersedia dua pilihan, tipe konvensional seperti bawaan mobil serta model frameless (Gbr.4). Harga eceran mulai Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribuan untuk ukuran 14-18 inci.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa