Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jenis Peredam Kabin Bitumen, Lebih Ringan 50 Persen

billy - Sabtu, 14 Mei 2011 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Bagi  otomania yang suka keheningan, pasang peredam di kabin tergolong cara  yang cespleng. Hanya saja cukup banyak jenis  bahan atau material yang mesti dipiilih. Mau gel, cairan ataukah aspal? “Sebenarnya bisa dilihat  berdasar kerapatan partikelnya,” terang Cin Kiang, dari Wealthy yang baru melansir peredam berbahan bitumen atau  aspal terbaru ini.


 Tebal 2 mm dengan lem dan dipanaskan. Bisa mereduksi sekitar 3-5 dB
Dulu  peredam jenis aspal padat  cukup diemohi karena bobot selembarnya bisa 5 kg. Alhasil jika sebuah MPV dilapis 20 lembar maka bobotnya bakal bertambah 100 kg. tergolong berat dan bisa bikin boros BBM!

Nah racikan terkini bitumen yang kondang belakangan ini, sudah lebih ringan namun tetap mempunyai density alias kerapatan yang baik untuk meredam getaran, noise dan panas. “ Bobotnya sudah tereduksi 50%,” tambah pria berkaca mata ini.

Menurut Bari,instalatur Baze Audio di Green Garden, Jakbar, jenis bitumen ampuh diaplikasi pada lantai kabin, di atas sepatbor dalam untuk meredam road noise. “Kalau pintu bisa di mix dengan jenis  gel,” terang Andri Widjaja, dari Bassindo kelapa Gading, Jakut.

Jika dikalkulasi seperti selembar peredam Wealthy berukuran 100 cm x 50 cm, kabin  Kijang Innova membutuhkan 29 lembar.”Lebih hemat 9 lembar dibanding peredam lain,” tambah Cin Kiang. Ketebalannya yang cuma 2 mm juga cukup ringan untuk mobil kecil seperti Nissan March, Chevy Spark, hingga Suzuki Splash.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa