Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih, Cara Rekondisi Jok Recaro

billy - Kamis, 28 April 2011 | 09:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Punya jok Recaro yang kondisinya kurang bagus atau berkeinginan untuk mencari jok Recaro seken, tapi sulit mendapatkan yang utuh dan lengkap? Tenang, jok Recaro sekarang bisa direkondisi lho.

Maksudnya, kondisi jok yang kurang bagus karena umur dan pemakaian, bisa diremajakan kembali sehingga penampilan serta performanya lebih baik.

Salah satu bengkel yang bisa memperbaikinya adalah Autodistro. Gerai velg dan aksesori otomotif yang berada di jalan Asem, Cipete, Jakarta Selatan ini menawarkan jasa rekondisi dan penjualan bahan Recaro asli. Jenis rekondisipun bermacam-macam, tergantung kondisinya,

 “Kebanyakan busa bagian samping (penyangga paha) kempes, atau sobek,” terang Iwan Setiawan, pentolan Autodistro.

Hal ini wajar karena bagian samping ini sering bergesekan dengan paha, akibatnya makin lama makin botak. Kalau jok pengemudi biasanya bagian kanan, sedangkan jok bagian penumpang (kiri) biasanya busa bagian penyangga kaki kiri yang sobek atau kempes.

Masalah busa kempes, bisa kok ditambal dengan busa lagi, agar kembali kencang. Namun kalau kondisinya sudah parah, busa bisa diganti satu bagian saja. bagaimana agar terjaga keasliannya?

"Busanya kita pesan langsung dari Recaronya,” jelas Iwan yang memberikan estimasi biayanya sekitar Rp 200-300 ribu.

Sama seperti masalah busa kempes, bahan jok sobek juga bisa diganti. Kalau masalah seperti ini, dihitung perbagian. Misalnya hanya bagian penyangga paha sebelah kanan sisi  dalam. “Untuk bagian penyangga paha atau lengan, bahan yang kita gunakan adalah Recaro Avus,” jelas pria ramah ini. Bahan Avus adalah sejenis bahan motif karung. Untuk perbagian, biayanya sekitar Rp 350 ribuan.

Selain busa kempes dan bahan sobek, bagi pemilik jok Recaro yang ingin meremajakan seluruh bahan jok secara keseluruhan, Autodistro menawarkan bahan jok Recaro asli. “Kita menyediakan bahan jok seperti motif Artista dan Tomcat untuk bagian tengahnya,” kata Iwan lagi.

Sebagai gambaran, bagi yang ingin merekondisi jok Recaro-nya diperlukan bahan sebanyak 2 meter untuk bagian tengah, dan 2 meter untuk bagian samping.

No caption
No credit
No caption

 Busa bisa di ganti baru dari Recaro(kiri). Tersedia bahan Artista Dan Tomcat(kanan).

Perhitungan ini untuk rekondisi sepasang jok. Harga permeternya sendiri, untuk bagian tengah (Artista, Tomcat), Rp 1,25 juta, sedangkan bagian sampingnya (Avus) sekitar Rp 650 ribu permeter. “Untuk bahan karung bagian samping, ada juga KW 1-nya, harganya Rp 350 permeter,” kata Iwan.

Biaya diatas belum termasuk pemasangan. Sampai saat ini Iwan merekomendasikan jasa retrimming di bengkel Sepakat, daerah H. Nawi yang biasa jadi langganannya. Sekadar informasi, biaya retrimming sekitar Rp 800-1 juta.

Walaupun begitu, tidak semua jok Recaro bisa direkondisi, maksudnya, "Untuk tipe jok yang sudah diskontinyu seperti N-Joy dan Spectrum, bahan tengahnya sudah tidak bisa direkondisi. tapi memang bahan tengah jarang diganti karena bahannya kuat dan awet karena tidak terlalu sering bergesekan dengan kaki," jelasnya.

Selama diperlakukan dengan baik, seperti tidak ketumpahan cairan atau tersundut rokok, bahan jok Recaro termasuk awet.


Knob dan Putaran Bisa Di Pesan
Usah khawatir kalau knob atau putaran jok yang berbahan plastik itu hilang atau rusak. Karena Iwan dapat mengusahakan barang-barang tersebut, “Kalau joknya masih diproduksi, bisa pesan baru, tapi kalau sudah diskontinyu, palingkita bantu cari.”

Menurutnya part-part Recaro termasuk mahal, dan bahkan kalau dikumpulkan menjadi sebuah jok jadi, bisa dua kali lipat harganya. Ambil contoh saja, harga knob yang mengatur maju mundurnya sandaran punggung sekitar Rp 350 ribu, sedangkan putaran jok sekitar Rp 500 ribu.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa