Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata, Jok Mobil yang Mewah Justru Membingungkan

Selasa, 18 Februari 2014 | 09:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Amerika - Jok di mobil mewah yang memiliki 22 penyetelan agar pengemudi, dinilai justru membingungkan. Itulah yang melatari, dua perusahaan jok terkemuka Faurecia SA (Perancis) dan Johnson Control Inc (JCI) Amerika sedang mengembangkan jok yang menggunakan kamera dan sensor tekanan yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan tubuh yang duduk.

Menurut Olivier Boinais, Faurecia Senior Industrial Design Manager untuk Amerika Selatan dan Utara, dengan jok yang kompleks tersebut butuh kesabaran. "Selama 10 tahun terakhir, kami sudah berusaha untuk menyerdehanakan (jok) sambil memberi kenyamanan," ujar Boinais.

Ia tidak mengidentifikasi produsen mobil yang digarap perusahaannya. Meskipun Faurecia kemudian menegaskan bahwa jok yang sedang dikembangkan bisa menyetel sendiri itu untuk mobil yang dipasarkan di Amerika Utara pada 2015.

Jok otomatis yang dimaksud adalah sedan dengan wheelbase panjang seperti Mercedes-benz S, Audi A8 dan BMW Seri 7. Model-model ini dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa, juga sangat populer di Cina.

Untuk Mercedes-Benz S-Class memiliki jok pengemudi yang secara otomatis bisa kaku ketika kendaraan membelok tajam. Sehingga, badan pengemudi tidak bergeser ke samping.

Pada bagian lain, Andreas Eppinger selaku Wakil Presiden JCI menandaskan bahwa jok otomatis bekerja dalam dua tahap. Pertama, penumpang menunjukkan ketinggian menggunakan smartphone atau kokpit konsol. Jok kemudian menyetel sandaran sandaran dan tempat duduk sesuai kaki.

Kedua, komputer on board yang menggunakan sensor tekanan untuk mengevaluasi postur tubuh pengemudi. Komputer kemudian merekomendasi posisi yang berbeda dan jika pengendara menekan tombol "Otomotis", komputer bekerja menyesuaikan penyetelan jok.

"Jika Anda pernah menrasakan jok yang memiliki 18 tingkat penyetelan, jelas sangat menyibukkan. Memang, Anda bisa duduk sesuai yang diinginkan, tapi jika tidak disetel tentu tidak dapat posisi yang enak," papar Eppinger. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa