Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Para Pendekar Jepang di Tokyo Motor Show

Senin, 11 November 2013 | 13:00 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Tokyo - Genderang perang mobil konsep dan futuristik antara produsen mobil Jepang sebagai tuan rumah di perhelatan Tokyo Motor Show 2013 yang dimulai 20 Novermber sudah ditabuh. Meski sebelumnya sudah diberitakan, kemarin (10/11), seperti Toyota, Honda, Nissan, dan lainnya menginformasikan kalau konsep dan prototipe yang ditampilkan nanti merupakan mobil produksi menuju ke Amerika Utara.

Daihatsu
Afiliasi dari Toyota ini, Daihatsu, sebelumnya sempat Otomotifnet.com beritakan kalau mereka memajang konsep mini Kopen convertible. Modelnya lebih bulat dengan desain gril trapesium dan kedua konsep akan masuk jalur produksi, hanya belum tahu kapan dipasarkannya.

No caption
No credit
No caption

Satu lagi, mini truk Deck Deca berbahan bakar hydrogen. Model retro berbentuk kubus di kabin diklaim kompak, irit bahan bakar dan juga baterai.

Honda
Konsep SUV Perkotaan dengan platform Fit (Jazz) jadi andalan dan juga setelah dari Jepang dibawa ke Detroit, Januari 2014. Tapi, tema dalam TMS yang dikedepankan adalah mobil kecil dan sporty.


Wujudnya, Honda S660 convertible dua tempat duduk dengan mesin 660 cc. Asyiknya, interior ada iPhone. Selain itu, Honda menyertakan N-WGN, varian wagon dari keluarga mobil kecil Honda N-Box, dengan empat jok, kap mesin lebih panjang dan lebih rendah.

Lexus
Merek premium Toyota ini memperkenalkan sport kupe empat tempat duduk di juluki RC yang mendekati produksi. Tampilannya lebih menarik dari konsep LF-CC yang pernah ditampilkan di Paris Motor Show 2012, dengan spindle grille dan  saluran udara di samping yang lebar.
No caption
No credit
No caption

Konsep RC muncul dengan mesin 3.5L bensin atau hybrid dengan jantung pacu 2,5 liter dan akan diproduksi dan akan mulai dijual akhir semester tahun depan.

Mazda
Ikut memeriahkan TMS, Mazda memajang Mazda3 Skyactiv-CNG Concept. Kendaraan bisa jalan dengan CNG atau bensin biasa. Ketika melaju dengan CNG dapat mengurangi emisi sampai 20 persen dibandingkan mobil sejenis tapi mengandalkan bensin.

Mitsubishi
Tiga konsep yang semuanya berteknologi ramah lingkungan mengisi stan Mitsubishi. Ketiganya berupa SUV full-size dan crossover kompak bertenaga plug-in hybrid serta microhybrid van.

Untuk SUV yang dinamakan GC-PHEC konsep akan menggantikan posisi Pajero SUV yang di Amerika dikenal Montero. Kendaraan berpenggerak roda belakang bermesin 3.0L V6 supercharged MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electric Control) dikawinkan dengan transnmisi otomatis delapan kecepatan. GC merupakan kependekan dari Grand Cruiser.
No caption
No credit
No caption

Sedang crossover berupa XR-PHEV yang menyerupai sport kupe dibekali mesin MIVEC 1.1L injeksi langsung dengan turbocharged. Kata XR kependekan dari crossover berlari.

Terakhir, konsep AR (Active Runabout) merupakan SUV dengan memiliki tempat duduk seperti van. Sama seperti XR, yang satu ini juga dipasangi mesin 1.1L juga turbo dan injeksi langsung, hanya dikemas sebagai microhybrid dengan baterai lithium ion kecil.

Nissan
Hadir dengan konsep BladeGlider dengan desain mirip mobil balap ketahanan Delta Wing dan bentuknya sama ZEOD RC hibrida. Modelnya, dimensi depan dan belakang tak sama, hidung runcing karena roda depan lebioh sempit.
No caption
No credit
No caption

Mobil berbahan  serat karbon digerakkan baterai lithium ion dan di roda terdapat motor listrik. Komposisi jok, tunggal di depan dengan dua penumpang.

Subaru
Menampilkan konsep sport tourer yang mereka sebut Levorg, mesk hanya untuk pasar Jepang. Mobil mendapat sistem EyeSight pada sistem pengereman, plus mesin 1.6L direct injection yang baru dikembangkan dan turbocharged.

Suzuki
Sama seperti Mitsubishi, Suzuki juga membawa tiga konsep di TMS. Pertama, konsep Crosshiker yang berotot dan dibangun di atas platform baru jadi kebanggaan Suzuki. Dalam pengembangannya diprioritaskan bobot ringan dengan mesin 1 liter tiga silinder.

Konsep kedua, X-Lander dengan atap terbuka, gerak empat roda yang berbasis pada Suzuki Jimny 4WD Runabout. Mesin 1.3L ditopang hibrida ringan.

Terakhir, Hustler berupa crossover mini. Ada dua versi dan menurut Suzuki akan dipasarkan di Jepang, namun belum dipastikan tanggal dan bulannya.

Toyota
Sebagai pabrikan terbesar, tentu akan memperkenalkan banyak konsep. Paling dibanggakan, konsep FCV, sedan fuel cell yang akan dipasarkan 2015 dengan berbagai kelebihan.


Kemudian, ada FV2. Kendaraan satu jok yang bisa dikendarai dengan berdiri gerak empat roda yang diibaratkan seperti seseorang sedang menunggang kuda. untuk mengarahkan mobil cukup dengan memiringkan tubuh.

Tak kalah menarik, Toyota ada konsep taksi Jepang menggantikan Toyota Crown Comfort sejak 1995. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa