Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Akan Gunakan Sistem Demokrasi Untuk Ambil Keputusan

Bagja - Jumat, 9 November 2012 | 13:53 WIB
No caption
No credit
No caption


Dalam beberapa kasus di Formula 1, ada hal-hal yang sulit dicari solusinya. Parahnya, kondisi ini membuat beberapa tim manufaktur bahkan mengambil jalan sendiri-sendiri yang menurut mereka tepat. Salah satu diantaranya adalah kasus pembatasan penggunaan sumber daya alias Restriction Resources Agreement (RRA) yang jadi fokus FOTA (Formula One Team Association) sejak tahun 2009 lalu.

Tidak ingin terjadi masalah seperti yang dialami FOTA, FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia melalui Jean Todt selaku Presiden FIA, mengambil langkah baru. Langkah tersebut adalah penggunaan sistem demokrasi untuk pengambilan keputusan pada sebuah masalah.

“Selama ini peraturan pengambilan keputusan di Formula 1 sangat kaku, sehingga untuk mengubah sesuatu cukup sulit. Tapi dengan menggunakan sistem demokrasi, pengambilan keputusan bisa ditetapkan setelah melihat hasil terbanyak alias mayoritas. Bukan lagi didasarkan pada 70 persen orang yang menyepakatinya. Bagi FIA ini adalah hal yang sangat positif,” ujar Todt.

“Pemberlakuan sistem demokrasi seperti ini, tidak akan menguntungkan pihak manapun, sebab ini adalah kesepakatan mayoritas. Jadi ketiga komponen yang jadi komisi di F1 yaitu penyelenggara dalam hal ini FOM, representatif FIA serta perwakilan tim manufaktur dan pemilik tim lain, bisa memilih yang terbaik buat mereka,” lanjutnya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa