Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Bakal Paksa Red Bull Ganti Engine Mapping

Bagja - Kamis, 26 Juli 2012 | 05:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Ditemukannya kelainan pada engine mapping mobil tim Red Bull di Formula 1 Jerman (22/7) lalu, membuat FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) selaku badan tertinggi balap mobil dunia, langsung menggelar pertemuan tertutup. Pasalnya keputusan yang dikeluarkan atas pertimbangan delegasi tim teknis FIA yaitu Jo Bauer berdasarkan aturan 5.5.3, justru berbeda dengan persepsi para Stewards di F1.

Meski belum ada keputusan resmi tentang masalah tersebut, namun Stewards di F1 menganggap bahwa  inovasi yang dilakukan tim Red Bull pada mobil mereka, menyalahi regulasi yang berlaku. Sebab toleransi minimum torsi yang diperbolehkan pada RPM menengah adalah sebanyak 2 persen. Sementara di mobil Red Bull besaran torsinya justru lebih rendah pada RPM menengah.

Hal ini diklaim mampu meminimalisir hilangnya traksi roda belakang (karena torsi terlalu besar), kerja pompa bahan bakar juga jadi lebih ringan, karena torsi mesin lebih kecil. Pada sisi lain juga dikatakan bahwa cara seperti ini cukup menguntungkan sisi aerodinamika mobil, khususnya pada tekanan gas buang.

“Sayangnya, ketika anda punya mobil yang kencang, banyak hal yang pasti dipertanyakan. Inilah sifat alamiah ajang balap Formula 1 dewasa ini. Pastinya anda akan mendapat perhatian besar jika melakukan spekulasi,” gumam Christian Horner sebagai bos tim Red Bull.

Berdasarkan ketidaksepakatan para Stewards F1 inilah, FIA bakal akan klarifikasi semua hal tentang engine mapping di mobil Red Bull. Sebagian besar prediksi menyatakan bahwa FIA bakal memaksa Red Bull untuk mengganti engine mapping di mobil mereka. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa