Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kontroversi Engine Mapping di Mobil Red Bull Terus Berlanjut

Bagja - Selasa, 24 Juli 2012 | 14:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Setelah sesi kualifikasi Formula 1 Jerman pada hari Sabtu (21/7) lalu berlangsung, FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia, menemukan kejanggalan pada engine mapping di mobil tim Red Bull. Dimana torsi maksimal mobil belum maksimal pada putaran mesin menengah.

Hal ini dinilai melanggar regulasi teknis di F1 nomor 5.5.3, yang mengatur tentang teknis torsi minimum pada putaran mesin (RPM) pertengahan. Tapi kedua mobil tim Red Bull malah mempunyai torsi yang kurang pada putaran mesin menengah.

Meski dinyatakan lulus oleh FIA dan bisa mengikuti balapan pada Minggu (22/7), namun hingga sekarang masalah itu tetap jadi kontroversi. Menurut Derek Warwick sebagai salah satu Stewards di F1, bahwa ini rendahnya torsi di mobil F1, memungkinkan pemanfaatkan gas buang sebagai salah satu imbas teknologi ini.

Bos tim Red Bull yaitu Christian Horner sendiri merasa bahwa inovasi yang mereka lakukan memang bakal jadi perdebatan keras. Ia juga berharap agar mendapat kejelasan. Sebab mereka mengaplikasikan sesuatu berdasarkan regulasi yang ditetapkan. Meski dianggap sebagai bagian yang ilegal, tapi masalah ini harus mendapat kejelasan agar tidak ada protes lagi di seri-seri selanjutnya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa