Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan Baru Motoprix 2013, Bener Nih, Jadi Satu Race?

billy - Minggu, 24 Februari 2013 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Aturan baru dipastikan berlaku di balap bergengsi kelas MP1 dan MP2 kejurnas Motoprix 2013. Enggak ada lagi total 4 race (race 1 dan 2) di tiap kelas tersebut. Dengan kata lain masing-masing kelas kini hanya berisi satu race. 'Uniknya' aturan tersebut berlaku pada semua region yang melaksanakan Motoprix tanpa sosialisasi, si, si, si...

Dengan aturan lama, maka per kelas akan menyelesaikan 40 lap. Hitung-hitungan matematikanya tanpa sesi latihan, per pembalap untuk 1 seri dan turun di 2 kelas akan memutari sirkuit sebanyak 84 lap.

Tak urung digelontorkannya regulasi 1 race di MP1 dan 2, menimbulkan pro kontra di antara pelaku balap nasional. Supaya enggak kusut, Biro Roda 2 PP IMI menjelaskan bagaimana pelaksanaan regulasi gres. "Aturan baru di MP1 dan 2 hanya 1 race dengan poin tertinggi 25,” kata Bambang Gunardi, kepala bidang olah raga biro roda 2 PP IMI.

Pria yang akrab disapa BG itu bilang, kalau ada region yang melaksanakan 2 race pada kelas tersebut enggak ada masalah. Tapi poinnya tetap hanya untuk 1 race. Misal, seorang pembalap juara dua kali di race 1 dan 2, poinnya enggak 50 seperti di aturan musim sebelumnya, tapi hanya 25.

Menampik dibuat mirip MotoGP, pemberlakuan 1 race ini lebih ke soal kualitas penyelenggaraan. Diharapkan, adanya tambahan waktu akibat menjalankan 1 race, penyelenggara bisa membuat balapan berkualitas di kelas kejurnas tersebut.

Nah, salah satu yang kasih tanggapan atas disunatnya jumlah lap yakni PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR. "FDR lebih senang balapan 2 race karena kepentingan sponsor even maupun tim bisa terakomodasi. "Konsumen bisa melihat secara langsung performa ban FDR yang digeber sampai 2 race,” jelas Riza, Marketing Departement Head SRI.

Riza melanjutkan, balapan jadi 1 race membuat durasi pembuktian performa FDR di mata konsumen berkurang. Hal tersebut yang membuat pihak SRI selaku sponsor even dan tim balap, kurang sependapat dengan pemberlakukan 1 race.

Nah, jadi bener nih balapan dibikin satu race? (otosport.co.id) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa