Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Target Juara Kiyonari, Terpenuhi di ARRC 2012

billy - Kamis, 29 November 2012 | 09:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Kubu Honda dengan jelas menargetkan jadi juara kelas Supersport 600 cc di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2012. Pasalnya, kelas ini sekian tahun dikuasai pasukan Yamaha lalu ganti Kawasaki di tahun 2011. Maka, misi besar disusun dengan memberi dukungan penuh tim Honda Boon Siew Malaysia yang didampingi oleh tim Musashi HARC Pro yang jadi tim satelit sayap tunggal di seri nasional Jepang.

Sebagai pembalap, Ryuchi Kiyonari yang punya jam terbang tinggi di All Japan Road Race Championship dan British Superbike (BSB). Bahkan, pada BSB, Ryu Kiyonari jadi pembalap pendatang yang dihormati komunitas balap Inggris karena prestasinya jadi juara kelas Superbike BSB 2006, 2007 dan 2010.

Level BSB tergolong keras dengan tingkat persaingan tinggi dan sirkuit yang ajaib. Salah satu contoh yang diupload pada Youtube, motor Superbike bisa loncat saat balapan di BSB. Maka, turun di kelas Supersport 600 cc ARRC dengan regulasi setara Superstock 600 cc, Kiyonari malah bisa dibilang ‘turun’ kelas.

Lawan yang seimbang seperti Katsuaki Fujiwara, Azlan Shah dan Zamri Baba. Fujiwara yang jadi juara tahun lalu, kini pun bekerja keras untuk bisa finish pertama. Apalagi Kiyonari tampil konsisten, termasuk di sirkuit yang baru dikenalnya.

Seperti di sirkuit Losail Qatar yang menjadi tuan rumah seri 6 ARRC dengan format balap malam hari (24/11). Kiyonari ketinggalan 16 poin dari Katsuaki Fujiwara sebagai pemimpin klasemen sementara. Hitung-hitungannya, jika Kiyonari bisa finish pertama di kedua race akan mendapat poin ekstra 50 dan Fujiwara minimal harus menyelesaikan di posisi kedua untuk Race 1 dan Race 2 agar bisa mengunci gelar juara Asia 2012.

Tapi kendala ban belakang mendera pembalap Manual-Tech BEET Kawasaki Racing sejak sesi kualifikasi. “Ban belakang sangat tidak konsisten dan cepat habis, pembalap lain juga mengalami hal serupa tapi tidak separah dialami pembalap Kawasaki,” kata Fujiwara.

Hasil serupa juga dialami oleh M Fadly yang menyebut hanya 5 lap bisa dapat lap time bagus lalu melorot karena ban belakang terasa seperti kempes. Hal ini pula yang membuat pasukan Kawasaki ZX6R kedodoran menghadapi pengguna Honda CBR600RR dan Yamaha R6 dengan Fujiwara hanya berada di posisi ke 4 di Race 1 dan turun ke posisi 5 saat Race 2.

Sebaliknya, Kiyonari tampil bagus dengan mendapat posisi kedua di Race 1 lalu naik ke podium pertama saat Race 2. Jarak ini pula yang membuat Kiyonari bisa menyelesaikan duelnya dengan Fujiwara dengan sempurna dan mempersembahkan juara umum Kelas Supersport 600 cc Asia plus juara klasemen tim untuk Honda untuk pertama kalinya.

“Banyak tekanan untuk menang di Race 1 karena rencana awal saya akan berhemat ban agar cukup sampai lap akhir, tapi sejak start semua pembalap tampil maksimal sehingga saya pun bekerja keras mengikuti mereka,” kata Kiyonari. (otosport.co.id)

Hasil Balap
Race 1
1. MD Zamri Baba
2. Ryuichi Kiyonari
3. Azlan Shah K

Race 2
1. Ryuichi Kiyonari
2. Azlan Shah K
3. MD Zamri Baba

Klasemen Akhir
1. Ryuichi Kiyonari
2. Katsuaki Fujiwara
3. MD Zamri Baba
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa