Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jorge Lorenzo Bagi-Bagi Ilmu ke Peserta Yamaha Riding Academy

Bagja - Selasa, 30 Oktober 2012 | 16:46 WIB
No caption
No credit
No caption


Yamaha Riding Academy (YRA) diadakan lagi selama empat hari, (29/10-1/11) di Sirkuit Gokart Sentul dan Cibinong dirt track. Istimewanya YRA kali ini, 20 pesertanya ikut fun ride dan coaching clinic bersama Jorge Lorenzo.

Pembalap tim Yamaha Factory Racing yang baru saja mengunci titel juara dunia yang keduanya di MotoGP Australia itu, membagi ilmunya buat 20 pembalap Yamaha usia U-17, yang merupakan pembalap-pembalap pemula dari daerah namun berprestasi di tingkat nasional.

“Para pembalap muda ini adalah calon-calon penerus Jorge Lorenzo. Mereka punya mimpi ingin seperti Lorenzo jadi kami memberikan kesempatan emas bertemu dan mendapatkan ilmu dari dia. Selain itu ada instruktur-instruktur berpengalaman yang membagikan ilmu teori dan praktek sebagai bahan pelatihan dan pembibitan pembalap muda di YRA,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Salah satu peserta YRA yang hadir adalah Tammy Pratama dari Jawa Barat yang tahun ini menjuarai Motoprix kelas MP3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula) dan MP2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula). Selain itu pembalap muda berbakat yang juga cukup dikenal Agung Didu hadir sebagai peserta. Ia menjadi peserta termuda YRA yaitu 9 tahun dari Makassar dan tampil di Yamaha Cup Race (YRA) dan Motoprix.

Ke-20 peserta YRA ini menggunakan Yamaha V-Ixion dan Yamaha TTR 125R. Mereka mendapatkan pelatihan praktek dan pengetahuan teori yang diajarkan enam instruktur Indonesia. Tiga pembalap Supersport Yamaha, Doni Tata, Dimas Ekky dan Rafid Topan. Johnny Pranata sebagai instruktor pelatihan motorcross, motivator Dimas Prast dan pelatihan fisik oleh Gandung Darmoko.

Materi yang diajarkan dalam YRA kali ini meliputi pengenalan karakteristik sirkuit permanen menggunakan sportbike, untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed, teknik start dan simulasi race. Sementara untuk materi basic dasar motocross  diantaranya basic dasar motocross (riding position, handling dan sliding, dirt track contest (short track dan long track) serta mini dirt race.

Pengajaran kurikulum balap termasuk pengenalan karakteristik sirkuit permanen. Yaitu bagaimana mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed, QTT dan simulasi race. Semua materi yang berhubungan dengan dunia balap, mulai racing management, gizi, nutrisi, communications skill dan product knowledge diajarkan di sini. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa