Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana di Scrutineering Akhir Slalom

billy - Jumat, 29 April 2011 | 19:00 WIB
No caption
No credit
No caption



Kejuaraan nasional slalom sudah mengarah ke perbaikan-perbaikan. Musim kompetisi 2011 ini diberlakukan sistem bongkar girboks di scrutineering akhir. Hal ini untuk melihat ada tidaknya kecurangan di girboks, baik rasio final gear, dan rasio gigi itu sendiri.

Namun Taqwa Surya Swasono yang biasa menangani mobil balap memiliki ide demi memudahkan scrutineering akhir tersebut. "Bongkar girboks kan lumayan lama, kenapa tidak pakai cara yang lebih sederhana saja,” sebutnya. Pemilik bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel ini memberitahu cara tersebut.

Angkat bagian depan mobil, lalu mobil running di tiap giginya. Setiap gigi tersebut running di 3 rpm berbeda untuk dijadikan pembanding. Lihat kecepatan yang dicapai pada rpm yang ditentukan.

Namun hal ini tak bisa begitu saja diaplikasi, karena panitia harus memiliki data yang valid dengan pengukuran mobil standar. "Bisa minta tolong ATPM yang ada. Setiap ATPM punya orang balapnya," tambahnya.

Sebagai contoh Toyota Yaris, dengan menggunakan gigi 1 dan ditahan di rpm 4.000 maka kecepatan yang bisa diraih 30 km/jam. Nah, bila ada mobil peserta pengguna Toyota Yaris dengan rpm sama yakni 4.000 rpm namun memiliki kecepatan di atas atau di bawah 30 km/jam berarti pada gigi tersebut sudah dimodifikasi.

"Jauh lebih sebentar pengetesan seperti ini, tapi panitia harus melengkapi datanya,” seru Taqwa yang juga meracik mobil slalom milik Martin. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa