Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kontes Mekanik Siswa SMK Jakarta-Tangerang, Uji Pengetahuan Injeksi

Dimas Pradopo - Kamis, 28 Maret 2013 | 16:44 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Main dealer Honda untuk area Jakarta dan Tengerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) kembali mengadakan ajang 'Kontes Mekanik Honda 2013'. Gelaran yang diperuntukan bagi siswa SMK ini bertujuan mengukur pemahaman dan keterampilan siswa tentang teknologi injeksi pada sepeda motor Honda.

“Kontes mekanik ini merupakan sarana untuk mengukur sejauh mana siswa dapat memahami teknologi injeksi sepeda motor Honda,” papar Taryudin, Technical Service Dept. Head WMS. Lebih lanjut Taryudin mengatakan program ini disambut baik oleh pihak sekolah karena mambantu meningkatkan kualitas siswa.

"Ketika siswa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan teknologi terkini tentunya membuat daya saing mereka di dunia kerja semakin baik,” lanjut Taryudin.

Sebanyak 44 siswa SMK se-DKI Jakarta dan Tangerang turut andil pada event yang sudah empat kali diselenggarakan oleh WMS ini. Acaranya sendiri berlangsung selama tiga hari (11, 13 dan Final 26 Maret 2013), dan bertempat di Training Center Wahana Jatake, Tangerang.

Dari 44 siswa, hanya akan dipilih 36 siswa untuk mengikuti tes tertulis hingga tersisa 12 siswa yang berhak masuk ke babak final. Pada tahap awal, siswa mengikuti ujian seputar masalah mesin, kelistrikan, rangka dan product knowledge sepeda motor Honda. Sedangkan final, mereka menghadapi uji trouble shooting menggunakan produk Honda yakni Honda Absolute Revo dan Honda Spacy Helm In PGM FI (Programmed Fuel Injection).

Setelah melalui proses ketat, penilaian akhir memutuskan juara pertama diperoleh Anggi Rizky Aprilian dari SMKN 53 Jakarta. Sedangkan posisi kedua jatuh ketangan M. Irfan dari SMK Gunadarma dan Muhamad Irfan dari SMK 6 Kab. Tangerang, harus puas ditempat ketiga.

Perhatian industri otomotif terhadap pendidikan yang dilakukan WMS ini merupakan bukti untuk memajukan bangsa. Hingga Maret 2013, WMS telah mendirikan 17 Laboratorium Honda yang tersebar di berbagai SMK (sekolah yang memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor) di Jakarta dan Tangerang.

SMK tersebut juga mendapatkan bantuan fasilitas ruang kerja, peralatan hingga sepeda motor Honda untuk bahan praktek di sekolah. Laboratorium ini memiliki  standard bengkel resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). (motorplus-online.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa