Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yang Baru Di CVT Suzuki Skydrive

Editor - Rabu, 29 Juli 2009 | 07:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Skydrive (kanan) ada tiga lubang, sedang skywave hanya dua

OTOMOTIFNET - Penyempurnaan pada produk-produk terbaru juga terus dilakukan oleh Suzuki. Penyempurnaan ini bisa dilihat pada skutik terbaru, Suzuki Skydrive. Meski memiliki platform mesin yang relatif sama dengan Spin dan Skywave tapi ternyata memiliki beberapa penyempurnaan pada perangkat CVT (Continuously Variable Transmission).

Pertama adalah penambahan lubang udara dan yang kedua adalah adanya rumah grease atau gemuk di movable drive face pully. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu, dimulai dari penambahan lubang udara. Makin banyak lubang udara sudah pasti berfungsi untuk mendinginkan suhu di dalam CVT.

Karena tertutup rapat dan terus menerus terjadi gesekan antara V belt dengan pully maka sangat berpotensi menghasilkan panas. Panas yang berlebih akan membuat belt memuai dan membuat performa ngedrop. Maka dari itu tak heran bila Suzuki melakukan penambahan lubang udara. Tentunya agar performa Suzuki Skydrive tetap stabil dalam kondisi ekstreem sekalipun.

Bila pada Spin dan Skywave hanya ada dua lubang, khusus Skydrive ada tiga. “Satu lubang yang baru ada di atas movable drive face pully atau pully depan. Fungsinya menghisap udara yang masuk dan mengalirkannya ke ruang pully khususnya V belt,” ungkap Josep Antony Tan, Senior Trainer, Suzuki 2W Training Center.

No caption
No credit
No caption

Skydrive (kanan) ada lubang tempat grease

Penyempurnaan kedua yang juga merupakan satu terobosan adalah adanya ruang untuk grease/gemuk di movable drive face pully. Bila movable drive face pully dibuka, letaknya bisa dilihat pada bagian tengah lubang as. Ada bagian yang lebih rendah yang bisa diisi grease.

Saat bekerja movable drive face pully akan bergeser membuka dan menutup dengan gaya sentrifugal. Gerakan ini membuat movable drive face akan terus bergesekan dengan as pully depan yang berhubungan dengan kruk as. Dengan adanya grease/gemuk ini gesekan tadi jadi terlumasi. Selain mengurangi panas akibat gesekan juga bisa memperpanjang umur dua part ini.

Namun dengan adanya grease ini harus ada seal karet yang menahan agar grease tidak sampai keluar. Bila keluar dan ngotori dinding movable drive face pully, V belt bisa selip. “Maka dari itu sebaiknya saat membersihkan CVT seal ini jangan sampai rusak,” tutup Josep sambil menjelaskan dua penyempurnaan ini hanya bisa ditemui di skutik Suzuki!


Skydrive (kanan) ada seal agar grease tak keluar


Penulis/Foto: Popo/Suzuki

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa