Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Posisi Berkendara, Awas Salah Gaya!

billy - Senin, 7 November 2011 | 13:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gaya berkendara sesorang bisa dilihat dari caranya duduk di jok. Juga dari bentuk punggung pengendara ketika duduk. Posisi ideal yakni tegak membusung. Tapi, banyak pengendara punya gaya sendiri dan jauh dari ideal. Gaya ini juga yang akan mempengaruhi titik keseimbangan. Perhatikan!

Tegak Duduk Di Ujung Jok
Dari bentuk punggung mungkin wajar, tapi coba perhatikan posisi kaki. Jadi, terlalu mefet setang. Biasanya gaya ini banyak dipakai cewek, mungkin maksudnya untuk merapatkan dua dengkul seperti umumnya gaya duduk perempuan.

Posisi seperti ini tentunya sangat mengganggu riding. Apalagi kalau sampai melewati jalan menurun. Bisa-bisa pengendara ikut meluncur dan mudah gedubrak.

No caption
No credit
No caption

Punggung Melengkung Ke Belakang
Posisi ini jelas bikin pengendara mudah lelah. Duduk di atas jok dengan kondisi yang sangat jauh dari kesan relaks dan kaku. Posisi tangan tidak membuat sudut siku tapi lurus. Selain tidak enak dipandang pengendara lain, keseimbangan motor bergeser lebih maju.

Gaya berkendara seperti ini bikin posisi pengendara seolah ketarik ke belakang. Juga bikin susah dalam pengendalian. Trus seting spion juga pasti berubah karena posisi si pengendara terlalu ke belakang. Blind spot pasti lebih besar.  

No caption
No credit
No caption

Punggung Melengkung Ke Depan
Posisi berkendara dengan punggung melengkung ke depan ini sangat dipengaruhi gaya berkendara. Mungkin maksudnya melindungi bagian depan badan, atau karena kaki terlalu panjang. Bisa dipastikan gaya seperti ini akan mengubah titik tumpu pada daerah punggung. Kalau terjadi kecelakaan yang membutuhkan gerak antisipasi cepat, gaya berkendara ini sangat mengganggu manuver.

Punggung Membentuk Huruf 'S'
Jangan heran kalau lihat ada pengendara yang duduknya melengkung ke kanan-kiri. Posisi duduk miring dengan pungunggung menyerupai huruf ‘S'. Jelas ini jauh dari ideal dan bukan hanya titik keseimbangan yang berubah. Pantat bertumpu pada titik di sisi kiri jok. Kalau ada gerakan refleks untuk rem akan menyulitkan posisi kaki kanan.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa