Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Narrow Plank Skill, Uji Keseimbangan dan Kesabaran

billy - Minggu, 30 Oktober 2011 | 10:44 WIB
No caption
No credit
No caption


Menyatukan pengendara dan motornya
 
Taktik
yang diajarkan dalam setiap pelatihan safety riding Honda adalah menguji kesabaran. Teknik dan kemampuan keseimbangan  di atas motor disebut narrow plank.  Keseimbangan di atas papan dengan berjalan perlahan.

“Teknik ini kami latih untuk menguji keseimbangan pengendara,” ujar Made Surya, Instruktur Safety Riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Dalam pelatihan ini biasanya sudah disediakan papan berukuran lebar 30 cm dengan panjang 15 meter. “Peserta dilatih untuk melintas areal ini dengan waktu terlama,” tambah Toni Purnama, Safety Riding Head dari PT Wahana Makmur Sejati, main-dealer Honda Jakarta-Tangerang.

Namun, selain adu lama melintas di papan, badan peserta juga tidak diperbolehkan bergerak bebas dan kaki tidak menyentuh aspal. “Kalau dalam kompetisi, hal ini akan mengurangi poin penilaian,” bilang Toni lagi.

Pada saat melakukan teknik narrow plank, postur pengendara juga harus lurus. Jika menggunakan motor sport, paha harus mengempit tangki. Sedangkan telapak kaki harus tegak lurus. “Sebelah kiri lurus dengan rem belakang dan sebelah kanan tegak lurus dengan persneling,” tambah instruktur yang berkantor di Jl. Gunung Sahari, Jakarta Utara ini.

Satu hal yang harus dihindari dari teknik ini yakni peserta tidak boleh menggunakan putaran mesin tinggi. “Sebab, kalau dengan rpm tinggi, secara otomatis pengendara akan menggantung kopling. Ini akan merusak komponen di dalam mesin,” yakinnya.

Lantas apa saja manfaat dari teknik narrow plank ini bagi pengendara sehari-hari. Menurut Toni, kondisi lalu lintas di kota besar biasanya macet. “Nah, dengan kemampuan narrow plank ini, peserta akan memiliki skill menerobos kemacetan dengan lebih santai dan tidak terburu-buru dengan kondisi motor yang tetap dipertahankan stabil.”

Teknik ini juga akan membantu pengendara lebih memahami karakter kendaraannya. “Dengan teknik berjalan pelan dan mengatur keseimbangan saat berkendara,” paparnya.   

Karena itu, berbagai teknik dalam safety riding terus diberikan instruktur kepada peserta. Tentu dengan harapan agar betambah skill berkendara.

“Program safety riding Honda ini dipastikan akan dijalankan terus secara konsisten dan berkesinambungan di seluruh Indonesia. Juga sebagai bentuk tanggung jawab moral dan komitmen Honda terhadap keselamatan konsumen motor di Indonesia,” harap  Anggono Iriawan, Manager Safety Riding & Motorsport AHM.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa