Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Berkendara Khusus Cewek, Butuh Special Safety!

billy - Kamis, 23 Juni 2011 | 12:38 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Cewek berkendara, sekarang banyak ditemui di jalan.  Nggak hanya jadi boncenger, cewek pun bisa membuktikan diri sebagai biker. Dengan perlengkapan berkendara sesuai standar keamanan. Hal ini bisa diartikan pengendara perempuan makin sadar dan mengerti soal safety riding.

Apa sih persiapan kaum hawa sebelum berkendara, agar bisa 'membaur' di jalan dengan pengendara umumnya. Yuk, bahas satu per satu.

No caption
No credit
No caption

Perlengkapan

Banyak berseliweran di jalan pengendara perempuan mendorong industri menyediakan riding gear spesial buat cewek. Seperti pilihan bahan, warna dan ukuran yang pasti beda dengan cowok. "Perlengkapan berkendara cewek tidak beda dengan cowok. Helm, jaket tebal, celana panjang tebal dan kaus tangan," kata Jusri Pulubuhu dari Jakarta Devensife Driving Consulting (JDDC).

Secara umum sama seperti cowok, cuma beda aneka dan ukuran yang dimiliki. Ukuran buat cewek rata-rata S dan M.  Warna tidak hanya hitam atau cokelat, tapi lebih bervariasi lagi. Bahan yang dipakai, biasanya  juga lebih lembut.

No caption
No credit
No caption

Makan Bergizi Seimbang

Sebagai pengendara cewek, dituntut memiliki fisik prima. "Makanan sehat dan berimbang akan membantu metabolisme baik. Untuk aktivitas lebih, minum air putih lebih banyak dari biasanya. Cewek bermotor, biasanya juga lebih banyak mengeluarkan keringat. Air putih membantu mengurangi dehidrasi. Apalagi kalau cuaca panas," terang dr. Hario Tilarso, Sp.KO, FACSM, Sports Physician RS International Bintaro, Tangerang.

Cewek juga cenderung lebih memilih di soal konsumsi makanan dibanding cowok. Ia menyarankan untuk pengendara agar rutin konsumsi buah apel setiap pagi tanpa dikupas. Buah apel mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan.

No caption
No credit
No caption

Pelindung Kulit

Kesehatan dan kebersihan kulit pengendara cewek tetap penting. Selain menunjang penampilan, juga meningkatkan kepercayaan diri, dengan kulit bersih dan terawat, kecantikan dari dalam lebih terpancar dari seorang pengendara cewek.

Sebelum berkendara, olesi bagian kulit tangan, kaki dan muka dengan tabir surya. Berfungsi melindungi kulit dari terpaan sinar matahari sehingga tidak kusam. "Paling penting, pelindung tabir surya, mesti rajin oleskan ke bagian kulit. Karena pelindung surya mudah luntur akibat keringat," terang Dewi dari Klinik Kecantikan Dewi di Jl. Galaxi Raya, Bekasi.


Perlengkapan Spesial

Maksud perlengkapan spesial, menyangkut perabotan khusus wanita, seperti kosmetik ringan yang selalu mengisi tas wanita. Termasuk juga di dalamnya persiapan kalau ada 'tamu bulanan' datang tiba-tiba.

Jadi pada saat dibutuhkan, tinggal membuka bagasi atau tas yang memang sudah dilengkapi berbagai perabotan lenong cewek. Misalnya kosmetik ringan seperti sisir, setiap memarkir motor dan lepas helm pastinya akan dibutuhkan. Lipstik dan bedak diperlukan untuk sedikit membuat wajah kelihatan tetap segar walau sudah berkendara puluhan kilometer.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa