Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dampak Gunakan Komponen Terbalik, Pikirkan Akibatnya!

billy - Senin, 6 Juni 2011 | 05:11 WIB
No caption
No credit
No caption

Sering dengar orang bilang dunia sudah terbalik. Padahal yang bikin terbalik itu, ya manusianya lho. Sama dengan di sepeda motor, ada saja akal-akalan terbalik hanya sekadar mengamankan sesuatu tanpa memikirkan bahaya kelanjutannya.

"Ya itu bagian dari salah kaprahnya pengendara. Selalu ada akal-akalan, tanpa memikirkan akibat dari tindakannya. Bahkan kadang bisa membahayakan kalau dipakai buat harian," buka Benny Rachmawan dari Mitra2000.

Terbukti nggak hanya soal pakaian yang terbalik. Pemasangan komponen di motor pun sering dibalik. Makanya sebelum melakukan tindakan pikirkan juga akibat yang timbul nantinya.

No caption
No credit
No caption

 Sokbreker(kiri) Footstep(kanan)
Tabung Sokbreker
Mengganti sokbreker tanpa mau bodi motor luka, akhirnya memaksakan diri dengan membalik tabung untuk menghindari langkah mencoak bodi.

"Tabung dibalik, akan timbul masalah di piston sok. Karena sektor ini punya dua bagian, yaitu bagian dorong dan menekan. Sirkulasi oli juga kacau. Sehingga waktu rebourn lebih lambat," terang Benny

Pemasangan Footstep
Pakai komponen sesuai penggunaannya. Kalau part racing dipakai harian, maka perlu dipertimbangkan juga aspek keamanan dan juga kenyamanan.

Dengan posisi merunduk dan kaki agak mundur, jelas bikin pengendara dan boncenger nggak nyaman. Kaki pegal. Ujung-ujungnya keseimbangan malah jadi gampang terganggu.


 Jaket(kiri) Arah Putar ban(kanan)
Pakai Jaket
Pakai jaket terbalik dengan bagian punggung di depan dan resleting di belakang, masih banyak dilakukan. Pemakainya hanya mengira kalau fungsi jaket untuk menutupi kulit tangan agar tidak terkena terpaan matahari. "Pakai jaket kebalik, akan menyulitkan gerakan saat berkendara," wanti Jusri Pulubuhu, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jakarta

Arah Putar Ban
Arah putaran ban ditunjukkan dengan tanda panah. Pada saat memasangnya perhatikan arah putaran ini. Karena dengan arah yang tepat, maka kembangan ban bakal lebih sempurna menempel aspal. Apalagi jika dipakai saat jalan basah atau hujan, efek aqua planning jadi terasa. "Ban terbalik tidak akan menempel sempurna dan punya traksi buruk," bilang Benny yang bertubuh tambun ini.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa