Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Gegabah Mengatasi Luka Bakar, Nih Langkah Pertolongannya

billy - Selasa, 29 Maret 2011 | 11:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Pernah mengalami luka bakar? Entah karena tersengat api, dicipok knalpot atau kena cipratan air radiator yang panas? Baiknya jangan gegabah mengatasi luka akibat terkena benda panas ini. Cedera pada jaringan kulit ini tidak bisa dijadikan hal sepele.

Menurut Dr. Hannah K. Damar, spesialisasi Kulit dan Kelamin dari Klinik La Gracia, Serpong, Tangerang ini kesalahan penanganan bisa menyebabkan kulit menghitam atau membuat jaringan parut atau menebal.

Ia menjelaskan lapisan kulit ini ada tiga bagian epidermis, dermis dan sub kutis. Epidermis merupakan lapisan paling atas yang ada pada kulit manusia. Sementara lapisan dermis merupakan lapisan yang mengandung syaraf. Lapisan dermis lebih tebal dari epidermis. Sedangkan sub kutis terdiri dari jaringan lemak.

“Luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Karena pada jaringan ini terdapat syaraf-syaraf,” jelas dokter ramah ini.

Pada luka bakar dalam biasanya kulit sudah berubah warna jadi putih dan bentuknya dan tidak terasa sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit menyebabkan kemerahan dan sakit sekali.

Dokter Hannah juga bilang kalau untuk mengetahui tingkat keparahan suatu luka bakar ada dua cara. “Pertama mengukur luas. Kedua melihat tingkat kedalaman luka,” jelas ibu dokter itu.

Untuk luka bakar di kendaraan bermotor memang susah mendefinisikan luka pada tingkat parah atau tidak. “Namun biasanya untuk knalpot atau terbakar biasanya ringan. Sebab, kulit memiliki tingkat sensitivitas. Sehingga, baru kena panas saja, seseorang akan segera bereaksi menghindari,” sebut dokter berkulit putih ini lagi.

Jika terkena menurut Dr. Hannah, perawatan pertama yakni secepatnya didinginkan dengan air mengalir. “Air ini juga akan membersihkan kotoran yang menempel,” jelasnya sambil menyebutkan tidak boleh didinginkan dengan batu es karena akan mengakibatkan froze bit atau luka baru karena dingin.

Sementara proses penyembuhan agar tidak menimbulkan belang atau menghitam, Dr. Hannah menyarankan untuk memberikan pelembab pada kulit yang baru sembuh itu, “Sebisanya menghindari matahari. Karena akan merangsang hormon melanosid yakni hormon pemberi warna. Gunakan sunscreen. Jangan digosok atau dipijat. Sebab nantinya akan menimbulkan jaringan parut,” tutupnya.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa