Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Komunikatif Dengan Bentuk Traffic Light Beda

billy - Kamis, 2 Desember 2010 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
                Traffic light model baru, lebih menekankan
                bentuk rumah lampu ketimbang warna lampu
 
               Lampu merahnya pakai indikator countdown

OTOMOTIFNET
- Traffic light atau akrab disebut setopan atau lampu merah (meskipun warnanya enggak hanya merah) atau apapun panggilannya, fungsinya tetap sama, sebagai sinyal pengatur lalu lintas. Biasanya terletak di perempatan atau persimpangan jalan. Lampunya mempunyai 3 kode warna universal (merah, kuning, hijau).

Ketika lampu merah menyala, tandanya melarang setiap kendaraan melaju. Kuning untuk hati-hati, siap-siap berhenti atau melaju. Begitu lampu hijau menyala ke arah kendaraan yang dituju langsung, kendaraan boleh jalan.

Selain lampu standar, ada juga yang memberi lampu tambahan dengan maksud tertentu atau gambar misal untuk penyeberang jalan. Meski begitu, kadang untuk beberapa orang lampu-lampu ini kurang terlihat jelas. Misal mereka yang menderita buta warna, walau sudah terlihat terang karena pakai lampu LED.


Nyala lampu seolah-olah seperti aba-aba start balapan di sirkuit

Belum lama ini muncul wacana bentuk rumah lampu setopan dibedakan. Jika normalnya berbentuk bulat, maka bisa diganti segi tiga untuk warna merah, bulat (kuning) dan kotak (hijau). Model yang disebut Uni-Signal ini dapat membantu orang yang buta warna teradap kelir merah dan hijau.

Seorang desainer bernama Thanya Tivawong punya konsep lampu merah yang bekerja seolah-olah mirip lampu saat balapan. Lampu bergambar jam pasir penuh (saat merah), kemudian berkurang hampir setengah (kuning) dan habis lalu kembali penuh tetapi berwarna hijau.

Digambarkan saat merah sebagai ‘stop dan menunggu’, kuning untuk ‘siap-siap’ dan hijau ‘jalan’. Hingga kemudian berubah kuning lagi sebagai persiapan untuk stop. Wah, bisa dipakai buat balap liar nih. Oke deh.. Ready, Set, Go!

Sedangkan konsep yang dimiliki desainer Damjan Stankovic, lampunya tetap 3, hanya lampu merah ukurannya lebih besar dengan indikator hitungan mundur. Lampu yang semula menyala penuh, satu per satu indikator di bagian pinggir padam. Setelah padam semua, kemudian lampu hijau menyala.

Ya, sudah hijau tuh.. jalan deh.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa