Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Pertama Hasil Kerjasama Toyota dan BMW Berwujud MPV

Selasa, 3 Desember 2013 | 08:25 WIB
No caption
No credit
No caption


Toyota City - Sejak tahun 2011 lalu, Toyota dan BMW sudah menjalin kerjasama guna saling berbagi teknologi dan mesin kendaraan. Nah, hasil pertama dari kerjasama tersebut ternyata bukan mobil sport seperti yang sering dirumorkan, tapi sebuah MPV.

Toyota melahirkan Toyota Verso terbaru yang kini tersedia versi mesin diesel, yang diambil dari BMW. Sebuah mesin diesel berkapasitas 1.6 liter D-4D yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

Dikembangkan di pabrik BMW Austria, mesin ini juga sudah digunakan oleh BMW 1-Series dan Mk2 MINI. Verso bermesin 1.6 D-4D memiliki daya 110 dk ini akan mulai diproduksi pada Januari 2014 mendatang, di pabrik perakitan Toyota Adapazari, di Turki.
 
Ada beberapa pengembangan khusus dalam menyatukan mesin diesel BMW ke balik kap mesin Toyota Verso. "Kami harus merancang dudukan baru dan dual-mass flywheel serta rumah gearbox baru," ujar Gerald Killman, BMW Engine Development Head, sebagaimana dilansir Motoring, hari ini (3/12).
 
Secara teknis, basis struktur bodi Verso tidak bisa diubah. Killman mengatakan, timnya berjuang untuk meminimalisir suara bising di mesin, getaran dan tingkat kekerasan pada mesin.

Tapi tantangan terbesar yang dihadapi adalah merancang electronics interface, antara mesin BMW dan bodi Toyota. Tim mekanik Toyota juga merakir sistem stop-start yang baru pada Verso ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa