Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Logo Merek Mobil Bercahaya? Pasang Emblem Illumination

billy - Jumat, 11 Maret 2011 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bikin tampilan mobil terlihat beda bisa dengan beragam cara. Seperti mengganti emblem logo besutan dengan versi illumination. Emblem bercahaya ini sebenarnya berupa plastik berisi LED di dalamnya, sebagai tambahan pada emblem standar (Gbr.1)

Pilihannya tersedia buat varian Honda Stream, All New Civic, Jazz, All New Jazz, New City, All New City, CR-V, All New CR-V, Toyota Avanza, Vios, New Vios, Altis, Suzuki Swift dan SX-4. "Harga per satuan Rp 275 ribu sudah berikut pasang," kata Wira Sentosa dari SACS di Pondok Gede, Bekasi.

Posisi peletakkan tepat di balik emblem bawaan mobil. Untuk itu emblem standar mesti dicopot terlebih dulu, dengan cara dicongkel pakai obeng pipih (Gbr.2). Kemudian bersihkan bekas lem yang masih tersisa di penampang logo tadi.

No caption
No credit
No caption

Emblem illumination sudah dibekali stiker perekat 3M, untuk mempermudah penempelan di penampang logo pada bodi. Menurut Wira yang menyediakan produk ini, posisi ideal biasanya di belakang, namun tak menutup kemungkinan jika dipasang di ujung bonnet mobil.

Kemudian rekatkan emblem plastik ini mengikuti dudukan yang sudah tersedia pada gril atau garnis mobil (Gbr.3). Usahakan posisinya jangan sampai miring atau keluar dari frame yang tersedia, karena malah membuat tampilannya berantakan.

Lanjutkan dengan menarik kabel dari emblem plastik bercahaya ini, dan hubungkan ke kabel lampu kecil pada head lamp (Gbr.4). Praktik pemasangan pada Honda Stream 2004, yang punya kabel lampu kecil warna merah-hitam.


"Kabel hitam disambung ke kabel hitam lampu kecil, lalu kabel merah garis hitam dari emblem illumination disambung ke kabel merah lampu kecil," jelas Wira.

Sehingga ketika lampu kota/lampu kecil dihidupkan, emblem logo mobil akan lebih bercahaya terutama di malam hari. Peruntukannya memang sekadar buat kosmetik eksterior. Namun bisa dijadikan alternatif untuk menjadikan tampilan mobil lebih eye catching. (mobil.otomotifnet.com)

SACS: 021-8487623

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa