Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wiper Refill, Sama Hebat Lebih Hemat

billy - Senin, 29 November 2010 | 12:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


OTOMOTIFNET - Curah hujan yang tinggi belakangan ini juga berdampak ke pemakaian wiper. Perlengkapan penyapu air pada kaca depan ini usia pakainya menjadi relatif lebih singkat. Efek langsungnya tentunya biaya yang musti dikeluarkan untuk menggantinya dengan perangkat baru.

“Ternyata beli satu set wiper mahal juga ya,” keluh Moses Emannuel pemakai All New Honda Jazz lansiran 2009 yang berdomisili di Cengkareng, Jakbar. Nah, menyikapi fenomena seperti ini, OTOMOTIF menjumpai produk yang disebut refill wiper di pasaran aksesori Ibukota. Tentunya, nominal yang harus ditukarkan bisa dihemat.

Jika menghitung budget-nya, untuk mengganti satu set wiper baru temasuk frame tentunya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih banyak dibanding hanya membeli karetnya saja. Jika karet wiper konvensional umumnya punya lebar 6 mm, merek Wealthy punya 2 varian, masing-masing lebarnya 10 mm dan 8 mm.


Lebih hemat ganti karetnya saja tanpa perlu ganti frame

Dua ukuran terakhir jamak diaplikasi di mobil-mobil terkini seperti All New Honda CR-V, Grand New Toyota Altis hingga All New Honda Jazz. “Ke depannya (mobil-mobil terbaru) akan beralih ke model seperti ini,” ujar Alfons, marketing manager PT. Foerch Indonesia, pemegang merek Wealthy di Indonesia.

Sebenarnya, wiper model refill seperti ini sudah tersedia di bengkel resmi sebagai original equipment parts. ”Tapi biasanya yang dijual hanya karetnya saja, belum termasuk pelat besi penyangga yang baru,” ujar pria berkacamata ini. Jadi, pelat besi lama masih diandalkan menemani karet baru.

Padahal komponen besi ini diperlukan karena sejalan dengan umur pemakaiannya, dipastikan akan melengkung. Pelat besi penyangga tersebut fungsinya sebagai pegangan karet wiper untuk mendukung kinerjanya.

Satu set wiper refill yang ditawarkan Wealthy terdiri dari karet wiper dan sudah termasuk pelat besi penyangga baru, tanpa perlu ganti frame. Efeknya biaya yang dikeluarkan bisa dihemat.

Sebagai perbandingan, harga jual satu set wiper orisinil berikut frame yang dijual dealer resmi mencapai Rp 900 ribu. Bahkan ada yang mencapai Rp 1,5 juta untuk mobil pabrikan Eropa.

Untuk model refill seperti ini, Wealthy mematok harga retailnya di kisaran Rp 85 ribu hingga Rp 130 ribu di pasaran aksesori nasional. Disediakan rentang ukuran 14 inci hingga 24 inci yang peruntukkannya mayoritas untuk mobil-mobil merek Jepang.

Selain punya pelindung anti getas akibat sinar matahari yang disebut lapisan hydrophobic, jaminannya usia pemakaian hingga satu tahun dibanding karet wiper biasa yang hanya enam bulan. ”Tergantung pemakaian dan kondisi cuaca,” tutup Alfons.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa