Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pasang MID Itrax Untuk Baca Kinerja Mesin

billy - Senin, 15 November 2010 | 08:32 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Beragam fungsi MID (Multi Information Display) Itrax telah dijelaskan OTOMOTIF beberapa hari yang lalu (klik disini), kini cara instalasinya yang mesti dipahami. Tapi perlu waktu ekstra mengingat banyaknya pekerjaan mulai dari membongkar trim dasbor hingga by-pass jalur kabel. Tenang saja, bukan OTOMOTIF namanya kalau tak sanggup menceritakan prosesnya. Kali ini contohnya pada Toyota Avanza lansiran 2009.

Sebelumnya, ingat kalau Itrax bisa terkoneksi dengan ECU bawaan atau hanya ingin berfungsi sebagai MID biasa. Ketika terkoneksi, otomatis Itrax akan membaca seluruh indikator kinerja mesin. Langsung mulai dengan membongkar cover bawah dasbor mulai dari bawah setir, cover AC hingga cover transmisi dengan melepas klip plastik penguncinya.

Setelah itu letakkan Itrax dekat pilar A agar tak terlalu menghalangi padangan. Usah khawatir karena Itrax dilengkapi dudukan vakum yang bisa menempel di permukaan dasbor yang tak rata. 

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Siapkan jalur kabel melalui pilar A (Gbr.1), sambungkan juga 2 buah konektor yang disediakan dari Itrax. "Sambungkan kabel warna hijau dan merah pada kabel Itrax dengan pasangannya apabila ingin terkoneksi dengan scanner bawaan mobil, atau sebaliknya," terang Irawan Nugroho, owner Sindoro Microsystems sebagai inisiator MID multifungsi ini. Sambungkan juga konektor OBD (On Board Diagnostic) di bagian bawah dasbor (Gbr.2).

Itrax punya 5 buah kabel yang harus terkoneksi dengan sistem bawaan Avanza, setelah 2 buah kabel warna hijau dan merah yang tinggal disambungkan. Kabel warna ungu cukup dibiarkan saja, kemudian kabel warna oranye disambungkan ke kabel ACC kunci kontak warna hitam strip kuning yang terdapat di sisi kanan pedal gas (Gbr.3), selain itu kabel warna hitam tinggal disambungkan ke ground bodi, bisa disambung ke baut bodi yang terdapat di samping kabel.

Sisa 2 buah kabel Itrax yaitu kabel warna coklat dan kuning yang masing-masing terhubung dengan switch sensor pintu dan sensor speedometer untuk pembacaan kecepatan. Hanya lokasinya saja yang berbeda antara kabel sensor pintu dan kecepatan.

"Sensor pintu disambung dengan kabel pada pilar A, sedang sensor kecepatan harus membongkar cover panel AC karena terletak di belakang," sambung Irawan lagi.

Perlu ketelitian ekstra juga ketika menyambung kabel sensor kecepatan berwarna hijau muda dengan strip merah dan totol abu-abu (Gbr.4), karena terdapat kabel sejenis berwarna hijau tua yang bisa jadi salah.

"Kabel tersebut merupakan input data kecepatan dari speedometer ke ECU, jadi tak berpengaruh terhadap apapun," papar warga Tangerang ini.

Selesai konek seluruh kabel, tinggal coba saja seluruh fungsi-fungsi Itrax mengikuti petunjuk buku manual yang diberikan.

Sindoro: 021-98920835

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa