Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pasang Setir Honda Jazz Ke Freed, Makin Keren Dan Fungsional

Iday - Kamis, 12 Agustus 2010 | 09:18 WIB
Pasang Setir Jazz Ke Freed: Keren, Gaya Dan Fungsional
Pasang Setir Jazz Ke Freed: Keren, Gaya Dan Fungsional

OTOMOTIFNET - Honda Freed memang menggoda untuk dimodifikasi. Di sektor kabin, salah satu peranti pemikat adalah lingkar kemudi. Model setir bawaan asli yang terkesan biasa menjadi pemicu tampilan kabin kurang optimal. Salah satu pilihan penggantian model setir selain produk aftermarket, adalah lingkar kemudi milik ‘adiknya’, yaitu All New  Honda Jazz.

Modelnya yang terkesan spor­ti dan futuristik membuat ja­­tuh hati Herman Sudarsono, pe­mi­lik Freed yang pertama kali meng­aplikasikan­nya.  Namun, se­­be­lum me­ne­rapkannya, ada be­­be­rapa langkah yang musti di­­per­hati­kan agar  tidak menemui ken­­dala berarti.

Prinsipnya, untuk melepaskan lingkar kemudi standar dari rumahnya, punya metode yang hampir sama dengan mobil umumnya. Untuk aplikasi ini, yang dipakai adalah setir setir kepunyaan New Jazz S atau RS transmisi manual.

Setir New Jazz bertransmisi matik yang dilengkapi paddle shift belum dapat diterapkan, karena dibutuhkan penyesuaian tersendiri dengan transmisi matik bawaan Freed. Jika dipaksakan pun, fungsinya lebih sekedar gaya saja.

Asep Ende, general repair service advisor Honda Cikarang, Jabar, menyarankan langkah pertama sebelum rumah kemudi dibongkar, periksa dulu semua sistem elektrikal dengan Honda Interface Module (HIM). Alat yang disambungkan ke ECU ini akan memastikan semua komponen yang berkaitan dengan sistem elektrikal tidak bermasalah, termasuk sistem SRS airbag-nya. 

Kemudian lepas akinya dan pastikan sudah tidak ada arus dalam sistem elektrikalnya. Perhatikan skema gambar, baut bracket (no.23) ukuran 17 mm yang mengikat ke steering column dilepas.

Lalu berbagai komponen kemudi utama milik New Jazz yang perlu dipersiapkan adalah damper complement steering (no.15), terbuat dari bahan karet. Fungsinya untuk mendorong atau memposisikan arah letupan airbag ke pengemudi.

Perangkat lainnya ada yang juga vital adalah guide cord (no.16) yang merupakan dudukan wiring dalam rumah setir. Fungsinya untuk menampung kabel elektrik, termasuk soket wiring SRS untuk airbag, harus pakai kepunyaan New Jazz.

Selanjutnya komponen lain yang harus disediakan adalah steering wheel cover body (no.12), grip complement (no.9), cap body cover (no.10) dan garnish bar steering (no.17, 18 dan 19).

Total alokasi biaya pembelian paket kemudi New Jazz yang musti disediakan senilai Rp 3,880 juta, belum termasuk pajak. Langkah terakhir setelah semua komponen terpasang, yaitu me-reset dengan menggunakan HIM kembali.

Gunanya untuk mendeteksi adanya trouble kode akibat penghilangan arus listrik. Namun bagi Freed yang merupakan kendaraan keluaran baru, ubahan seperti ini tentunya ada konsekuensi non teknis.

“Akan menyebabkan gugurnya garansi, karena terhitung modifikasi yang tidak direkomendasikan pabrikan,” tutup Asep. Selamat mencoba!

Pasang Setir Jazz Ke Freed: Keren, Gaya Dan Fungsional
Pasang Setir Jazz Ke Freed: Keren, Gaya Dan Fungsional

Hampir semua komponen kemudi menggunakan kepunyaan all new jazz


Penulis/Foto: Anto / Anto

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa