Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Aksesori Kabin Hatchback, Bikin Nyaman

Editor - Rabu, 28 Juli 2010 | 09:18 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Hatchback mempunyai desain eksterior yang kompak dan efisien dalam hal ruang. Begitu juga volume kabin yang berpengaruh terhadap ergonomi maupun kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Bukan berarti dengan kapasitas ruang kabin yang agak sempit dibanding MPV atau SUV, kebutuhan yang mendukung kesenangan berkendara mobil kompak ini tidak dapat terpenuhi.

Di pasaran, telah tersedia berbagai peranti aftermarket yang tidak hanya sekedar gaya, namun punya fungsi yang optimal mendukung kebutuhan pengemudi dan penumpangnya. Seperti gerai Driver’s Corner yang menjajakan aksesori interior berlabel Garson asal Jepang. “Enggak cuma gaya tapi tetap mengutamakan fungsi,” ujar Sachin Punjabi, bos toko.

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Meja dashbor lebih banyak fungsinya daripada gaya
No caption
No credit
No caption

Pernik-Pernik Ringkas bikin kabin masih berasa lega

Selain bergaya ala MPV premium, juga menambah kenyamanan saat mengemudi

Gerainya di bilangan Radio Dalam, Jaksel menyediakan berbagai pernik yang sifatnya fungsional. Contohnya meja dasbor bahan akrilik yang dapat langsung diaplikasikan di dasbor Honda Jazz tanpa banyak ubahan. “Untuk mobil lain bisa, hanya perlu sedikit ubahan pada dudukannya,” promosi pria subur ini.

Peranti lainnya yang menarik dilirik, ada asbak berbentuk silinder yang penempatannya sangat pas ditaruh di cup holder. Kemudian untuk lebih menghadirkan privasi, pemakaian gordyn juga bisa menjadi alternatif selain opsi kaca film yang sudah jamak. Sementara untuk mendukung ergonomi dan kenyamanan, juga tersedia neck-pad dan bantal yang juga berlabel Garson dengan ornamen kristal asli produksi Swarovski.

Lalu arm-rest di jok depan layaknya MPV premium juga bisa dipesan dengan model custom dengan lapisan kulit sintetis. Peranti unik lain yaitu menghadirkan dramatisasi nuansa elegan melalui pemasangan lampu pilar model LED. Di tempat lain, toko Automania punya tawaran third brake lamp model LED yang bisa ditempatkan di kaca paling belakang.

Bagi yang mengutamakan kabin resik dan rapih, bisa memasang karpet dasar dari bahan beludru tebal yang menutup lantai dasar secara penuh. Menariknya, warna-warna atraktif bisa dipilih sesuai selera. Untuk menjaga barang di bagasi tidak berguncang, pemasangan cargo net di bagasi juga tidak haram, walaupun biasanya jamak ditemui di SUV maupun MPV.

Nah, bagi yang ingin membuat berbagai panel interior sesuai selera, opsi customize bisa ditempuh. “Bahannya dari fiberglass, bisa dibuatkan sesuai desain yang diinginkan,” tegas William Harjanto dari rumah modifikasi W7 di kawasan Cengkareng, Jakbar. Pilihan panel interior juga tersedia dengan motif kayu dan karbon. “Tinggal plug and play,” ucap pria berkacamata ini.

Berkaitan dengan sistem tata suara, aplikasi wireless remote di lingkar kemudi dapat membantu pengemudi agar tetap fokus berkendara sembari mengatur volume suara maupun frekuensi radio. Sementara kabin yang sempit untuk menempatkan peranti audio tambahan, bisa menggamit subwoofer aktif yang punya model ringkas untuk ditempatkan di kolong jok. Jadi, volume ruang yang tersedia bisa dihemat dengan berbagai peranti fungsional yang ringkas dan efisien bentuknya.

Penulis/Foto: Anto / Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa