Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Evaporator Bocor? Bisa Dilas Atau Ganti Baru

Editor - Selasa, 11 Mei 2010 | 06:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Selain kompresor, kondesor dan extra van, masih ada beberapa komponen lagi yang mesti diperhatikan seperti drier yang memiliki fungsi untuk menyaring refrigen ternyata harus rajin di ganti setiap tahun agar performanya tetap maksimal.

DRIER
Refrigeran yang bentuk awalnya berupa gas bertekanan tinggi, disaring botol dryer agar saat masuk ke dalam evaporator sudah dalam kondisi bersih dan netral.

Lantaran bersifat sebagai penyaring, botol drier memiliki usia pakai antara 6-12 bulan. Ganti botol dryer setiap setahun sekali untuk performa maksimal.

Harganya berkisar Rp 200-350 ribu tergantung kualitas. “Ada versi ori (botol putih), KW bahkan lokal (botol hitam),” terang Rohim.

EVAPORATOR

Refrigeran yang sudah berubah wujud menjadi hawa dingin akan mangkal di evaporator untuk ditiup angin dari kipas blower. Bentuknya seperti radiator aluminium dengan ukuran sangat tebal. Penyakit evaporator adalah bocor karena tekanan gas yang tinggi.

Biasakan lakukan servis berkala atau perbaikan dengan api las bila mengalami kebocoran. Tetapi sekarang sudah banyak versi limbah maupun yang orisinal. Harga berkisar Rp 1 juta untuk mobil-mobil sejuta umat.

REFRIGERAN
Gas dengan kode R134  ini merupakan darah di dalam sistem AC.

Tanpa refrigeran yang cukup di dalam kompresor, sistem pendinginan tak bisa sempurna.

Kini banyak tersedia versi botol kecil 200-300 gram selain dari versi kiloan dalam tabung hijau.

Biaya tambah refrigeran cukup bervariasi antara Rp 60-100 ribu. Sementara refrigeran botol dengan konsentrat 97% ke atas dibanderol Rp 225 ribu untuk sekali isi (sebanyak 2 botol).

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa