Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Lampu Plafon Depan Di Kijang Innova Tipe E, G Dan J

Editor - Rabu, 21 April 2010 | 06:28 WIB
Pasang Lampu Plafon Depan Di Kijang Innova Tipe E, G Dan J
Pasang Lampu Plafon Depan Di Kijang Innova Tipe E, G Dan J

OTOMOTIFNET - Penumpang depan Innova E dan G, juga J tidak bisa mencari barang dengan menyalakan lampu di plafon depan bukan? Ya iyalah, lha wong tidak ada! Yang ada hanya lampu plafon yang ada dekat pengatur AC belakang.

Padahal Innova V memiliki sepasang lampu plafon persis di belakang spion tengah. Bahkan bukan hanya lampu dengan sarangnya sebagai pemanis, "Peranti ini juga berfungsi sebagai glasses box," jelas Hendra. Maksudnya, sebagai tempat kacamata.

Memasangnya, perlu sedikit trik. "Harus melubangi plafon depan," lanjut pria 39 tahun ini. Wah, sepadankah hasilnya? Tenang, kotak seharga Rp 750 ribu ini sama plek dengan peranti orisinal (Gbr.1). Hanya, memang belum ada pegangannya. Maka, harus dibuatkan.

Buat dulu lubangnya dengan mengemal bagian dalam kotak tempat kacamata itu (Gbr.2). Ada dua bentuk kotak yang terbentuk pada cetakan yaitu kotak bagian luar dan bagian dalam. Letakkan contoh cetakan ini pada plafon di belakang kaca spion tengah. 

Tandai plafon yang akan dipotong sesuai bentuk kotak bagian dalam cetakan (Gbr.3). Sehingga begitu dipasang, bagian dalam kotak bisa masuk ke lubang di plafon. Setelah itu, buatkan dudukannya dengan menjepit besi bracket ke bagian depan plafon. Lantas pemasangannya menempelkan kotak kacamata ke plafon dengan menyekrupnya ke bracket tadi.

Tunggu, jangan dipasang dulu. Kita masih harus merangkai kabel buat menghidupkan lampunya. Caranya, dengan jumper kabel lampu dari plafon tengah. Buka dulu lampu plafon tengah dengan mencopot mika kemudian melepas dua sekrup pengikatnya (Gbr.4).

Ada tiga kabel di lampu plafon tengah. Satu kabel setrum, satu kabel massa dan terakhir kabel dari switch pintu. Jumper kabel setrum warna merah dan arahkan ke boks kacamata. Begitu juga massa, buatkan kabel khusus buat grounding ke bodi. Kalau kabel sudah kelar, tinggal dipasang deh.


Penulis/Foto: Manut / Manut, Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa