Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Perbaikan Power Steering Dan Tune-Up Kit Suzuki Grand Vitara

Otomotifnet - Kamis, 18 Maret 2010 | 11:18 WIB
Power Steering Dan Tune-Up Kit Grand Vitara
Power Steering Dan Tune-Up Kit Grand Vitara

OTOMOTIFNET - Bengkel resmi (Beres) Suzuki tak pernah merekomendasikan perbaikan untuk sistem power steering yang masih memakai sistem hidraulis ini.

Untuk penggantian rack steer assembly (rumah setir utuhan) bisa kena charge sekitar Rp 6 juta. Biasanya bila sudah ada kebocoran dari as (batang) rack steer.

Namun bukan berarti harga mati karena bengkel spesialis power steering telah siap dengan peranti copotan eks limbah Singapura.

“Mau ganti repair kit saja juga bisa, semisal ada kebocoran dari sil karet atau teflon dengan ongkos perbaikan sekitar Rp 400 ribu,” jelas Agus dari Radius Steering di bilangan Ciputat, Banten.

Tune-Up Kit

SUV bongsor bermesin 2.000 cc ini jelas memakan bensin lebih banyak untuk pemakaian di dalam kota.

Teknologi mesin lawas yang belum VVT (Variable Valve Timing), tentu bikin hati jengkel bila kabut bensin tidak terbakar sempurna.

Daripada terbuang percuma karena tidak menjadi tenaga, meremajakan mesin dengan tune-up kit sudah menjadi keharusan. Dan dilakukan secara berkala.

“Biayanya tak mahal  kok, karena satu set busi hanya Rp 60 ribu sementara filter udara tak lebih dari Rp 160 ribu,” jelas Apendi dari markasnya di Jl. Panjang No.12, Kebon Jeruk, Jakbar.

Bila perlu, ganti juga filter oli sehabis penggantian pelumas lama dengan yang baru dengan price list Rp 86 ribu. Beres (Bengkel Resmi) Suzuki selalu merekomendasikan pelumas dari Suzuki.

Masih dalam rangkaian tune-up, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada bagian tangki bahan bakar setiap 50.000 km atau setiap 1 tahun sekali.

Selain memeriksa kondisi filter bensin yang memang built-in dengan pompa bahan bakar (in-tank fuel pump), sekaligus melakukan prosedur kuras tangki untuk memastikan penampung baham bakar dalam kondisi fit.

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa