Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Engine Belt, Sil Kruk As Dan Master Kopling Bawah Corolla Altis

Editor - Senin, 15 Maret 2010 | 09:56 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Engine Belt
No caption
No credit
No caption

Sil Kruk As

Master Kopling Bawah

OTOMOTIFNET - Sabuk karet penggerak puli kruk as, alternator dan kompresor AC ini jelas memiliki umur pakai. Suhu tinggi mesin dan pergerakan belt yang rutin dan terkadang ekstrem selama bertahun-tahun membuat material karet menjadi fatique (getas). Indikasi bisa dilihat dari pinggiran belt yang retak-retak.

Jangan tunggu sampai putus saat mobil sedang jalan karena pengisian (recharging) dan AC mendadak mati. Barang penggantinya pastinya ready stock dengan harga terjangkau (Rp 175 ribu).

Baik yang genuine Toyota maupun yang aftermarket. Tetapi sebaiknya gunakan yang berkualitas bagus karena fungsinya cukup vital.

Sil Kruk As

Lagi-lagi seputar sil tetapi kali ini penahan cairan di mesin . Tepatnya sil kruk as. Untuk Altis yang sudah lebih dari 7 tahun, harus waspada karena pelumas mesin cepat habis karena bocor.

Indikasinya mesin yang basah atau kotor karena cipratan oli seputar crankshaft pulley. Meski tak seberapa mahal (sekitar Rp 300 ribuan), tetapi harus turun mesin dengan biaya Rp 600 ribuan.

Total biaya nyaris Rp 1 juta hanya untuk sebuah sil karet? Pertimbangkan lagi bila oli meler dekat puli kruk as.

Master Kopling Bawah

Toyota Corolla Altis bertransmisi manual sering mengalami kopling berat atau bagel saat pedal diinjak. Ini lantaran master kopling bawah sudah mulai seret (tidak normal) karena kotoran atau endapan akibat oli hidraulis.

Minyak untuk mengoperasikan transmisi  juga memiliki masa pakai. “Idealnya dikuras setiap 100.000 km bila tak ada kebocoran,” jelas Budi. Kalau di Toyota harus beli assembly, di sentra onderdil bisa beli kit seharga Rp 200-250 ribu.


Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa