Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Desainer Ferrari Enzo, Sergio Pininfarina Tutup Usia

Jumat, 6 Juli 2012 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Turin – Dunia otomotif global dirundung duka. Pasalnya pada Senin (3/7), desainer kenamaan Sergio Pinifarina tutup usia. Perancang yang terkenal akan karyanya seperti Ferrari Enzo, Maserati Quattroporte hingga Fiat 124 Spider ini meninggal di usia 85 tahun.

Lahir pada tahun 1926, Sergio Pininfarina adalah anak dari Battista "Pinin" Farina (kemudian Battista Pininfarina) yang mendirikan Coachbuilding Italia legendaris dan perusahaan desain Pininfarina.

Ia lulus di teknik mesin dari Politeknik Torino pada tahun 1950, dan kemudian ia mulai karirnya di perusahaan keluarga, Carrozzeria Pinin Farin, mengambil posisi General Manager pada tahun 1960. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1966, Pininfarina menjadi ketua perusahaan.

Sergio Pininfarina mengawasi desain kendaraan dari sejumlah produsen otomotif. Di antara desainnya yang paling  terkenal adalah 1984 Ferrari Testarossa, 1986 Fiat 124 Spider, 1986 Cadillac Allante, 1987 Alfa Romeo 164, 1995 Bentley Azure, 1996 Peugeot 406 Coupe. Serta 2002 Ferrari Enzo, 2003 Maserati Quattroporte dan tahun 2004 Ferrari Scaglietti.

Pada tahun 2005, Pininfarina mendapat penghargaan di Italia untuk menghormati kemampuannya di bidang sosial. Tahun berikutnya ia mengundurkan diri sebagai presiden Pininfarina dan menjadi Ketua Kehormatan perusahaan.

Saat meninggal, Pininfarina meninggalkan seorang istri dan anak Giorgia Lorenza dan Paolo.

Selamat jalan.. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa