Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modus Curanmor, Cari Korban Berdasar Warna Mobil

billy - Kamis, 29 Maret 2012 | 12:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Modus pencurian kendaraan bermotor makin canggih dan bervariatif. Sekurangnya ada 5 modus yang menjadi favorit si pencuri. Seperti yang disampaikan AKBP Subandi Sik MH, Kasubdit Ranmor Polda Metro Jaya. “Kami petugas harus berpacu mengikuti kecanggihan pencuri kendaraan yang umumnya masih dikuasai pemain-pemain lama,” kata Subandi.

Berikut modus pencurian kendaraan yang tengah tren

1. SESUAI PESANAN WARNA

Sindikat yang ini sudah profesional dan pemain lama. Jaringannya sudah kuat dan nasional. Mereka terdiri-dari tukang petik (spesialis mencuri), pembuat STNK dan BPKB asli tapi palsu, penadah (asbak) dan tukang jual hasil curian.
Biasanya, pemetik baru jalan setelah mendapat order dari asbak.

"Permintaan kendaraan yang dicuri biasanya Toyota Avanza. Mobilnya oke dan harga jualnya juga bagus. Bahkan asbak memberi order itu hingga soal warna mobil. Misalnya, tolong cari Avanza warna silver. Dan komplotan pemetik yang biasanya berempat itu langsung bergerak ke Jakarta dengan sasaran mal, tempat parkir maupun perumahan," kata Subandi.

Selain warna Silver, warna lain yang digemari hitam dan merah. Untuk ‘memetik' mobil itu, tak sampai 5 menit dengan menggunakan kunci T. Tentu terlebih dahulu dengan ‘melumpuhkan' alarm yang dipasang di kendaraan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa