Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Stasiun Pengisian Baterei Inisiatif Produsen Oli

billy - Senin, 9 Januari 2012 | 12:20 WIB
Stasuin Pengisian Baterei Inisiatif Produsen Oli
Stasuin Pengisian Baterei Inisiatif Produsen Oli

Stasuin Pengisian Baterei Inisiatif Produsen Oli
Stasuin Pengisian Baterei Inisiatif Produsen Oli
 
JAKARTA - Menggunakan mobil dengan mesin pembakaran dalam, baik berbahan bakar bensin atau solar, ketika BBM hampir habis tinggal mencari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Isi dan lanjutkan perjalanan. Memakai kendaraan listrik (electric vehicles/EV) jadi sesuatu yang beda. Solusi idealnya, mobil listrik juga ke SPBU.

Kini ada kabar bagus buat pemilik mobil listrik di Jepang, misal yang memiliki Mitsubishi i-MiEV dan Nissan Leaf. Belum lama ini 4 perusahaan pelumas di Jepang, Cosmo Oil Co., Idemitsu Cosan Co., JX Nippon Oil dan Showa Shell Sekiyu KK, mengumumkan bahwa mereka bekerja sama mewujudkan tempat ngecas atau mengisi baterai (charging station) bagi pengguna mobil listrik.

Mereka akan menginstal 27 charging station di SPBU yang dipilih, antara Tokyo dan Kanagawa Prefecture selama kuartal pertama 2012. Pelayanan ini sementara masih tahap uji coba. Buat anggota EV Service Station Network dapat mengisi baterai kendaraannya di stasiun yang tergabung dalam 4 anggota perusahaan oli tadi.

Asyiknya, biaya yang dikenakan bukan berdasarkan berapa kali mengisi baterai setiap kendaraan. JX Nippon Oil yang saat ini paling banyak stasiun pengisisan baterainya, berencana mulai mengutip tarif tetap yang jika di konversi ke rupiah sekitar Rp 342 ribu sebulan buat perorangan, seperti pemegang kartu korporat. Harga segitu pengisiannya tanpa batas.

Sayang tak diungkap, berapa lama pelayanan dalam mengisi baterai ini sampai penuh untuk setiap mobil. Mungkin hal itu sudah dipikirkan, termasuk menginstal quick charger.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa