Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Emoticon Sticker, Penanda Sekaligus Gaya

billy - Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
 Produk helm Nolan memelopori pemakaian desain emoticon
JAKARTA - Emoticon (emotion icon) atau gambar untuk menunjukkan perasaan atau emosi, biasa digunakan ketika sedang BBM/SMS-an dengan seseorang. Belakangan para penyuka modifikasi maupun di kalangan pehobi otomotif, mulai mengaplikasi tampilan ini pada besutan atau tunggangan mereka dengan media stiker.

Sebenarnya tidak jelas siapa penggagas awal dari ide memakai emoticon ini, yang jelas tren ini mulai ramai di ajang modifikasi mobil maupun di kalangan komunitas otomotif. Fungsinya jelas ada, selain dijadikan semacam hiasan juga sekaligus buat penanda.

SIMBOLISASI
Menurut Andika Rinaldi, salah satu anggota Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), aplikasi emoticon ini dianggapnya sekadar untuk hiasan saja. "Mungkin bagi sebagian orang, maksudnya bisa diartikan sebagai sebuah ejekan. Seperti pengin bilang kalau mobil gue lebih kenceng, atau apa lah terserah yang memakainya," ungkap Dika sapaannya.

Jika melihat dari desain stiker emoticon ini, memang cukup bervariasi untuk dijadikan simbolisasi dari karakter penggunanya. Seperti tampilan bulatan wajah yang umum digunakan di fasilitas pesan singkat atau media komunikasi jejaring sosial.

Semisal icon wajah dengan mimik tersenyum lebar (big smile), kerlingan mata (wink), tersenyum (smile), sedih (sad) atau marah (angry). Stiker model ini biasanya diberi warna dasar kuning, yang dapat berpendar jika terkena sorotan sinar lampu di malam hari. Fungsinya selain agar lebih terlihat menarik, juga sebagai penanda bagi pengendara lain.

Lain halnya dengan Windi, mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta ini, memasang stiker emoticon buat dijadikan pemancing mata teman-temannya. Menurut lajang 23 tahun ini, stiker bermotif simbol wajah bisa diartikan sebagai sebuah umpatan.

"Kebetulan mobil saya sudah ganti knalpot. Karena suaranya lumayan berisik, banyak teman-teman di kampus yang komplain karena merasa terganggu. Sekalian aja saya pasang stiker bergambar wajah binatang yang terlihat bodoh, yang artinya masa bodo," ungkap pembesut Honda New Jazz ini.

Sama halnya dengan pendapat Renaldo Gunawan dari TYCI. Menurut pria humoris ini, stiker emoticon bisa digunakan untuk memancing adrenalin pengendara lain alias provokasi. Misal mesin sudah upgrade dan performanya di atas rata-rata, simbol 'eat my smoke' atau 'get lost'  dipasang buat menandakan kalau mobil lain lebih lambat dari milik sendiri.

Stiker emoticon ini sebenarnya bisa diperoleh dengan mudah, mulai dari forum jual-beli online hingga ke penjaja stiker di pasaran umum. "Harganya mulai dari Rp 7.500 per buah, kalau beli satu lusin dapat harga paket Rp 60 ribu. Ukuran dan motif juga bisa pesan sesuai keinginan pemakainya, tentu dengan harga nego," jelas Yeldi Syafino, spesialis cutting sticker di daerah Kebayoran Baru, Jaksel.

Untuk desain stiker emoticon versi customized, tidak terpaku pada simbol yang sudah ada. "Bikin desain sendiri juga bisa, asalkan tingkat kesulitannya normal. Sebab warna dan ukuran akan berpengaruh pada harganya nanti," beber Martin dari Inti Motor di pusat onderdil Dutamas Fatmawati, Jaksel.

HELM EMOTICON
Corak helm emoticon sebetulnya telah dipelopori oleh pabrikan Nolan, dengan meluncurkan varian Nolan N20 FIAT Emoticon. Helm bertema emoticon ini sudah dirilis sejak tahun 2009. Dalam satu helm terdiri dari ekspresi angry, smile dan sad dengan harga sekitar Rp 2,2 juta. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa