Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gobmeier : Kami Tetap Pakai Filosofi Desmodromic di Ducati

Bagja - Jumat, 18 Januari 2013 | 17:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Pergantian struktur tim di Ducati, awalnya memang diprediksi bakal mengubah pakem yang dimiliki oleh tim Ducati mulai musim kompetisi 2013. Namun Bernhard Gobmeier selaku General Manager baru di Ducati Corse, menegaskan tidak bakal melakukan perubahan pada sistem desmodromic yang telah dipakai Ducati selama ini.

Mereka menganggap bahwa sistem ini adalah filosofi Ducati, dan seharusnya bisa kompetitif digunakan siapa pun pembalapnya. Kenyataan bahwa sejauh ini baru Casey Stoner saja yang sangat kompetitif menggunakannya, itulah yang menjadi pekerjaan rumah bagi Ducati dengan struktur yang baru di tahun 2013.

“Tidak ada alasan untuk mengganti sistem tersebut, apalagi sistem ini adalah bagian dari sejarah Ducati di dunia motorsport. Selama regulasi masih memperbolehkannya, maka Ducati akan tetap menggunakan sistem tersebut. Motor ini juga harusnya bisa kompetitif digunakan oleh semua pembalap. Jelas kami tidak ingin menjiplak apa yang dilakukan oleh Yamaha maupun Honda,” tegas Gobmeier.

Salah satu solusi untuk membuat Ducati yang menggunakan sistem desmodromic jadi lebih kompetitif pada semua pembalap, adalah dengan melakukan evaluasi pada material yang mereka gunakan. Jadi bukan dengan langsung mengganti pakai sistem baru.

“Solusi jangka pendeknya adalah melakukan evaluasi pada material yang digunakan pada sistem tersebut. Tapi kami juga tetap mengembangkan solusi untuk jangka panjang. Pengembangan jangka panjang ini nantinya juga akan berimbas pada pengembangan untuk motor produk massal dari Ducati,” paparnya.

Apakah cara yang ditempuh oleh Gobmeier akan berhasil membuat semua pembalapnya jadi tampil kompetitif? Hmm, sepertinya masih butuh pembuktian secara langsung dan beragam proses pengetesan di sirkuit. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa