Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIM dan Dorna Target Gelar MotoGP di Indonesia

Bagja - Jumat, 27 Juli 2012 | 17:56 WIB
No caption
No credit
No caption


Sentul International Circuit (SIC) Bogor, jika dilihat dari udara beberapa waktu lalu.

Keberanian industri otomotif di Indonesia untuk masuk jadi sponsor di ajang MotoGP seperti di tim Yamaha, Honda hingga di kelas Moto2 melalui tim Gresini Racing, memang patut diacungi jempol. Selain membuat Indonesia jadi lebih terkenal di mata dunia, juga membuat anggapan bahwa industri otomotif khususnya sepeda motor yang paling menguntungkan saat ini adalah di negara Indonesia.

Tapi sayang, meski menjadi sponsor kuat di tim-tim pabrikan di MotoGP, Indonesia tetap saja tidak bisa masuk dalam kategori penyelenggara MotoGP. Satu-satunya sirkuit yang sering menggelar ajang balap dunia yaitu Sentul International Circuit (SIC), dengan kondisi sekarang masih jauh dari layak untuk menyelenggarakan kejuaraan balap sekelas MotoGP.

Meski demikian, pihak FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) sebagai badan tertinggi balap motor dunia dan Dorna Sports (promotor MotoGP), tetap menargetkan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia untuk beberapa tahun ke depan.

“Dalam beberapa waktu ke depan, paling tidak dua atau tiga tahun lagi, kami akan mulai fokus pada penyelenggaraan balap di luar Eropa. Alasannya jelas, yaitu krisis ekonomi yang berkepanjangan di Eropa. Sekarang Dorna Sports bekerja keras untuk menyelenggarakan MotoGP di Brazil dan Amerika Selatan. Kemudian ada juga India lalu ke Indonesia,” ujar Vito Ippolito selaku President FIM.

“Mungkin juga akan diberlakukan sistem rotasi dalam penyelenggaraan MotoGP. Sekarang kita tinggal menunggu, proses untuk menjadikan penyelenggaraan balap itu jadi kenyataan. Tapi sekarang sudah jelas, bahwa sudah banyak negara yang meminta untuk penyelenggaraan MotoGP di luar Eropa,” yakinnya.

Hmm, bagaimana jika kita menargetkan MotoGP di Indonesia tahun 2015 mendatang? bisa enggak ya? bisa dong…! asalkan pihak pengelola SIC (Sirkuit Sentul) juga serius mendatangkan balap MotoGP di Indonesia. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa