Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Regulasi F1 2012 Berubah!

billy - Sabtu, 10 Desember 2011 | 20:41 WIB
No caption
No credit
No caption


Regulasi ajang Formula 1 tahun 2012 mengalami banyak perubahan, khususnya yang berkaitan dengan teknis mobil dan aturan balap. Diantaranya sperti mobil harus lulus uji tabrakan, mobil yang di-overlapping, penggunaan ban dan lain sebagainya. Perubahan yang disusul oleh FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), tersebut untuk memberikan kompetisi yang lebih baik tahun 2012.

Berikut detail regulasi yang mengalami perubahan :
-    Mobil harus lulus uji tabrakan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan lebih baik pada pembalap saat mengalami insiden yang tidak terduga saat balapan berlangsung.
-    Semua pembalap yang di-overlapping, berhak melakukan unlapping (menyusul kembali pembalap yang meng-overlap-nya saat safety car berlangsung. Tujuannya agar tidak ada pembalap yang lebih lambat di depan pembalap yang lebih cepat, saat balapan dimulai kembali.
-    Panjangnya balapan ditambah jadi 4 jam. Jadi jika terjadi beberapa insiden dan mengharuskan balapan ditunda, maksimal bisa dilakukan hingga mencapai waktu 4 jam.
-    Pembalap yang melakukan manuver melindungi posisinya dengan keluar dari jalur balap, tidak diperbolehkan kembali lagi ke jalur balap seblum melalui tikungan.
-    Mobil yang berada di jalur pit ketika balapan ditunda, berhak kembali ke lintasan ketika balapan dilanjutkan.
-    Semua jenis kompon ban bisa digunakan pada sesi latihan bebas, namun hanya diperbolehkan total 3 set selama latihan berlangsung.
-    Memotong jalur saat balapan berlangsung ataupun pada saat safety car masuk, tidak diperbolehkan tanpa alasan yang tidak jelas.
-    Sesi tes privat selama musim 2012 berlangsung, hanya diperbolehkan untuk pembalap pemula yang akan naik ke Formula 1.  (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa