Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Larang Eksploitasi Gas Buang di Mobil F1

billy - Sabtu, 22 Oktober 2011 | 20:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Eksploitasi gas buang untuk mengatur aerodinamika mobil saat melakuan deselerasi pada mobil Formula 1, digunaan oleh tim-tim besar untuk mengakali regulasi (tanpa melanggar) yang semakin ketat. Namun F1 musim 2012 mendatang, sistem eksploitasi gas buang saat deselerasi akan dilarang total.

Pelarangan tersebut mendapat kawalan ketat dari FIA (Federasi balap mobil dunia) sebagai  badan yang mengeluarkan regulasi. Salah satu caranya dengan memasang sensor optik pada sistem gas buang, sehingga tidak ada tim yang bisa melakukan eksploitasi secara diam-diam.

“Dalam kasus ini, desain knalpot mobil masih cukup konvensional. Semua orang sudah tahu keuntungan membuat knalpot dengan cara mengeksploitasi gas buang. Mereka juga sudah tahu apa yang akan mereka lakukan dengan adanya pembatasan tersebut. Yaitu mengaplikasikan ide baru yang dampaknya sama dengan eksploitasi gas buang pada mobil F1,” jelas Ross Brawn, sebaga bos tim Mercedes GP.

Sependapat dengan Brawn, Mark Gillan sebagai Chief Operations Engineer di tim Williams, menganggap bahwa semua regulasi tetap mempunyai cacat. Ungkapan Gillan menandakan semua regulasi bisa diakali, agar setiap tim bisa mendapatkan keuntungan.

“Dengan semua regulasi tersebut, akan selalu ada jalan untuk mengakali dan membuat inovasi baru. Hal itulah yang membuat kami sangat menikmati mengembangkan mobil, karena tidak ada regulasi yang tidak bisa diakali. Sebagai desainer dan pakar aerodinamis di F1, tugas kami adalah mencari bagian mobil yang bisa dieksploitasi untuk meningkatkan performanya,” tambah Gillan.  (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa