Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Haramkan DRS di Terowongan Monako

billy - Selasa, 24 Mei 2011 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Protes pembalap Formula 1 tentang penggunaan Drag Reduction System (DRS) di terowongan sirkuit Monte Carlo Monako yang cukup berbahaya mengganggu konsentrasi pembalap, akhirnya disepakati leh FIA (federasi balap mobil dunia). Keputusan yang dibuat hari ini Selasa (24/5) setelah menunggu 1x24 jam, merupakan keputusan yang sudah dipikirkan dengan matang, kendati tidak sesuai keinginan FIA sendiri.

Kalau dipikir sepintas, sepertinya memang akan membuat para pembalap akan kerepotan untuk proses aktivasi peranti tersebut. Kendati hanya tinggal menekan tombol DRS saja, namun itu tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi pengemudi juga dalam waktu yang bersamaan harus memperhatikan trek di depannya yang cenderung membelok ke kanan.

Bukan hanya itu faktor yang ditakutkan oleh FIA. Proses evakuasi pembalap jika mengalami insiden di dalam terowongan jadi akan lebih lambat, karena akses marshall, tim medis hingga alat berat untuk mengangkat mobil yang mengalami insiden cukup jauh.

Namun di bagian sirkuit lainnya seperti di zona garis start dan finish, Charlie Whiting selaku direktur race sekaligus perwakilan dari FIA menjelaskan bahwa DRS tetap bisa digunakan oleh para pembalap. Tapi belum ada keterangan secara spesifik tentang penggunaan DRS saat balapan berlangsung. Kita tunggu saja nanti. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa