Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MV Agusta F4 RR, Lebih Bertenaga Pakai Mesin Over Square!

billy - Rabu, 11 Mei 2011 | 09:37 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

MV Agusta kembali melakukan pengembangan produknya, kali ini ada pada MV Agusta F4 RR. Embel-embel "RR" di nama belakangnya seolah memberikan jaminan performannya yang luar biasa. Dan memang benar, motor yang masih mengusung desain layaknya F4 ini memiliki mesin yang baru.

Mesin 4 silinder ini punya banyak perubahan demi meraih maximum performa. Memiliki thermodynamics, kruk as dengan stroke dan diameter piston baru. Mesin baru ini karakternya jadi makin over square.

Sebelumnya stroke 55mm di pangkas jadi 50,9 mm, tapi diameter pistonnya makin besar dari 76mm menjadi 79mm. Material pistonnya pun istimewa, lightweight forged pistons.

Bentuk ruang bakar juga dibenahi. Klep titaniumnya dibuat makin besar, klep masuk dari 30 mm diperbesar sampai 31 mm, sedang klep out-nya dari 25 mm dibuat 26 mm.


Hasilnya, tenaga melonjak menjadi 201 Dk pada 13.700 rpm. Tenaga yang besar ini kemudian disalurkan ke roda lewat gearbox baru close ratio. Perpindahan gigi lebih cepat dan halus.

Untungnya, lonjakan tenaga diimbangi dengan upgrade pada suspensi. Sokbraker Ohlins depan dan belakang diyakini tetap mampu membuat motor stabil dalam kecepatan tinggi sekalipun. Di Eropa, MV Agusta F4 RR ini dijual 22.900 Euro atau sekitar Rp 281 jutaan. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa