Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlengkapan Boncenger Cewek Saat Hujan

Editor - Senin, 1 Desember 2008 | 17:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Persiapan yang baik menentukan kenyamanan di jalan

OTOMOTIFNET - Buat cewek bonceng motor lalu lintas Jakarta yang ruwet dan macet seringkali mengerikan. Makanya, mesti punya persiapan ekstra sebelum menempelkan pantat di jok motor.

Apalagi musim hujan seperti sekarang, tambahan perlengkapan pelindung hujan harus siap sedia. Jika sampai di tengah jalan hujan mengguyur, nggak perlu repot berbasah-basah. Nah, perlengkapan apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum bonceng?

Jusri Pulubuhu dari Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC) menyarankan, yang penting sebelum bonceng si cewek harus mengerti posisinya. Sebagai boncenger, keselamatannya diserahkan pada biker di depannya. Entah suami, pacar atau ojeker.

Sebelum riding, harus siap mendengarkan arahan dari pengendara, caranya bonceng yang benar dan aman. Apalagi yang  belum biasa bonceng motor, penting nih. Sebab boncenger bisa menyumbang kecelakaan karena pengaruhi keseimbangan.

Perlengkapan safety standar adalah hal yang wajib dan harus. Saat musim hujan seperti sekarang ini, “Boncenger pakai pelindung badan, dari kepala sampai kaki. Hanya bagian mata yang terlindungi dengan visor helm. Pakaian yang aman dan nyaman buat membonceng,” tambah instruktur safety riding yang telah memegang sertifikat pelatihan safety dari berbagai negara ini. Jangan pakai rok, sebab pakai rok biasanya boncengnya miring.

Kalau perlu pakaian kerja, seperti rok atau pakaian berbahan katun tipis, dilipat saja. Bahan pakaian boncenger pilih yang tebal, agar melindungi kulit bila terjadi gesekan. Apalagi dengan kondisi jalan Jakarta yang macet, selap-selip kadang terjadi gesekan.
Minimal untuk celana pilih yang bahannya jins tebal. Sedangkan atasnya bisa pakai jaket yang waterproof. Jadi bisa berfungsi sebagai jaket, dan pada saat hujan mendadak turun bisa berfungsi sebagai mantel penutup badan.

Persiapkan jas hujan. Berbagai bahan dan merek jas hujan banyak di pasaran. Untuk itu pilih yang kualitasnya sesuai. Misalnya tidak gampang rembes di bagian tertentu. Seperti bagian ketiak dan selangkangan. Selain itu pakai jas hujan yang punya karet di tangan. Sehingga rembesan air masuk ke tangan berkurang.

Jangan lupa siapkan juga pelindung sepatu, agar sepatu kantor berbahan kulit yang muyus tidak basah terkena percikan air hujan. Banyak produk pelindung sepatu yang bisa dilipat. Bahannya seperti jas hujan. Ada yang pakai hak, ada juga yang bawahnya dilapis karet agar tidak licin saat dipakai. Harganya sekitar Rp 50.000.

Jika saat mau berangkat hujan sudah turun, bahkan kemungkinan di jalan banjir, sebaiknya pakai sepatu booth atau sepatu karet yang menutupi mata kaki. Dijamin boncenger pun lebih nyaman selama melibas hujan. Siap riding in the rain…

Penulis/Foto: Tining/HERRY AXL

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa