Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bugatti Veyron Super Sport Sekali Lagi jadi Mobil Terkencang di Dunia

Senin, 15 April 2013 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Sempat terjadi kontroversi terkait siapa mobil terkencang di dunia. Rekor kecepatan Bugatti Veyron Super Sport, katanya dipatahkan Hennessey Venom GT. Tapi, gelar mobil terkencang tetap dipegang Bugatti.

Bugatti menjadi mobil produksi terkencang di dunia pada Juli 2010 setelah mampu berlari dengan kecepatan 430,98 km/jam (267.8 mph), sampai Hennessey Venom GT mengaku mengalahkannya dengan klaim kecepatan 427,6 km/jam (265.7 mph).

Dengan angka kecepatan lebih rendah, Hennessey Venom GT mengaku sudah mengalahkan rekor kecepatan Bugatti Veyron Super Sport karena ternyata pabrikan Perancis tersebut sudah melakukan pembatasan kecepatan pada Veyron Super Sport menjadi hanya 258 mph. Dengan begitu, Hennessey Venom GT lebih cepat karena punya kecepatan 265.7 mph.

Namun, Guinness World Records pun menyimpulkan, rekor kecepatan Bugatti Veyron Super Sport tidak dipatahkan. "Perubahan limiter kecepatan tidak mengubah desain dasar mobil atau mesinnya, yang berarti Veyron Super Sport tetap sebagai mobil produksi tercepat di dunia," kata pernyataan Guinness World Records.

Bugatti meracik mesin 16 silinder berkonfigurasi W dengan kapasitas 8.000cc, dengan menyematkan 4 turbocharger yang lebih besar, termasuk memperbesar intercooler. Hasilnya mesin ini bisa memproduksi tenaga mencapai 1.200 PS dan torsinya 1.500 Nm.

Sehingga, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 2,5 detik. Dicoba 0-200 km/jam, hanya butuh 7,3 detik, lalu 0-300 km/jam dicapai dalam waktu 15 detik.

Bugatti Veyron Super Sport ini dibanderol dengan harga USD2,4 juta atau sekira Rp22,68 miliar. Mobil super ini hanya tersedia 30 unit di seluruh dunia.

Sementara Hennessey Venom GT adalah mobil super dari Texas yang mengambil basis dari Lotus Elise. Dengan tangan dingin Hennessey, mobil berubah menjadi sangar dengan mesin 7 liter V8 dengan tenaga sampai 1.244 bhp. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa