Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sportscar Dahlan Iskan, Dibekali Motor Listrik Bertenaga 268 Dk!

Rabu, 26 Desember 2012 | 17:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan memang memiliki ambisi besar dalam mengembangkan mobil listrik nasional. Salah satu caranya dengan menunjuk beberapa tim untuk mengembangkan mobil tanpa emisi tersebut.

Salah satunya adalah sportscar listrik berjuluk Tucuxi yang dirancang oleh Danet Suryatama bekerja sama dengan rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam, Jogjakarta. Nama Tucuxi dipilih karena terinspirasi dari hewan lumba-lumba dari Amazon tersebut.

Layaknya sportscar, walau berstatus mobil listrik sumber penggerak Tucuxi harus tetap bertenaga. Hal ini dijawab dengan aplikasi motor listrik bertenaga 268 dk (200 Kw) yang didatangkan langsung dari Negeri Paman Sam. Sebagai penyokong energi motor tersebut didukung baterai Lithium Iron Phosphate.

Pihak pembuat mengklaim jika Tucuxi dapat menjelajah sejauh 321 kilometer saat baterai terisi penuh. Sedangkan lama pengecasan hingga baterai penuh sekitar 6 jam. Kemampuannya dapat digeber hingga 200 km/jam.
 
Danet sendiri merupakan insinyur lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya dan meraih gelar doktor dari Michigan, Amerika. Pengalaman Danet dalam dunia otomotif, diantaranya sudah lebih 10 tahun menjadi insinyur di pabrik mobil AS.

Berkat pengalamannya bersama mobil-mobil Amerika, tak heran jika desain Tucuxi tampak sporty layaknya sportscar luar negeri. Tengok saja aplikasi bodi berbahan aramit nan aerodinamis dengan tampang agresif berkat gril segitiga besar dan headlamp sipit. Sebagai pelengkap, kelir merah menyala dipilih untuk melabur bodi nya tampil kontras dengan pelek krom berdiameter 22 inci.

Kesan sporty dan futuristik dari Tucuxi berlanjut ke bagian interior. Dimana Tucuxi dibekali  jok model semi bucket custom dengan seatbelt empat point layaknya mobil balap. Bahkan center cluster disenjatai dengan dua layar berukuran 7 inci dengan dua fungsi berbeda, yakni sebagai penunjang hiburan audio dan MID sistem penggerak.   (mobil.otomotifnet.com)

 


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa