Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow, Bisa Kejar Maling Mobil Lewat Twitter!

billy - Kamis, 20 Januari 2011 | 06:51 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Jakarta - Twitter terbukti sangat berguna. Enggak cuma untuk menyuarakan kebijakan ala menteri, curhat atau bertukar kabar, tapi juga untuk mengejar maling mobil!

Bulan Desember lalu polisi Seattle,  AS, jadi tweeps pertama yang memakai Twitter untuk mengejar pencurian mobil. Account Twitter-nya, @ GetYourCarBack.

Jadi misalnya, Suzie yang warga Seattle kehilangan mobil. Saat polisi menerima laporannya,mereka akan melaporkan tahun pembuatam, model dan warna mobil yang dicuri lewat Twitter-nya. Mereka meminta warga untuk segera menelpon 911 kalau melihat mobil yang dimaksud.

Berdasar laporan warga tersebut, polisi akan segera merespon, mengecek mobil dan mengembalikannya ke pemilik aslinya. Semua di-handel oleh polisi. Warga tidak boleh melakukan kontak saat melihat mobil, hanya melaporkan saja.

Sampai hari ini @GetYourCarBack memiliki 761 followers. Ia tidak mengikuti siapapun dan dalam 10 hari saja sudah mengirimkan 72 tweet mengenai mobil hilang. Umumnya Toyota dan Honda modellama, sekitar 9 mobil per hari, yang diincar karena onderdilnya.

Selama ini polisi AS memakai Twitter untuk mengirimkan pesan waspada atau informasi darurat secara berkala. Sampai saat ini belum ada laporan mobil yang ditemukan berkat metode ini. Tapi @GetYourCarBack bisa dibilang merupakan account Twitter pertama yang secara spesifik berkaitandengan kriminal.

Keampuhannya memang belum terbukti, tapi setidaknya maling mobil jadi mikir dua kali sebelum beraksi. Karena semua orang di Twitter bisa memantau kasus kehilangan mobil. Mau melakukan hal yang sama? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa